Coba 5 Cara Belajar yang Menyenangkan Ini di Kelas

 

Belajar itu menyenangkan lho! Mungkin itu yang ingin selalu Bapak Ibu katakan kepada siswa untuk memotivasi mereka supaya lebih senang belajar. Namun, kata-kata motivasi saja tentu tidak cukup. Bapak Ibu perlu melakukan cara-cara berikut supaya kegiatan belajar di kelas jadi lebih menyenangkan.

 

1.  Gunakan Teknologi

Siswa kita menyukai teknologi. Di waktu luang, mereka biasanya bermain video game, chatting dengan teman, atau membaca komik di tablet atau smartphone. Jadi, jika Bapak Ibu mencari cara agar mereka lebih semangat belajar, menggunakan teknologi adalah salah satu caranya. Yang perlu diingat, pastikan setiap konten dan web yang ingin dibuka aman dan sesuai dengan usia siswa. Web pembelajaran seperti Primaindisoft.com dapat menjadi pilihan menarik karena berisi berbagai konten mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA serta dikemas dengan bentuk menarik seperti komik interaktif, tutorial, dan latihan soal.

 

2. Buat Aktivitas Menarik

Siswa sangat suka bergerak dan melakukan aktivitas hands-on. Setelah mempelajari materi tertentu, ajak mereka membuat visualisasi atau simulasi dari materi tersebut. Misalnya, setelah mempelajari tentang Revolusi Bumi terhadap Matahari, ajak mereka membuat miniatur tata surya yang menggambarkan pergerakan bumi dan planet-planet lain terhadap matahari.

 

3. Lakukan Eksperimen

Jika mendengar kata IPA atau Matematika, banyak siswa mungkin langsung membayangkan begitu banyak rumus dan pengetahuan yang harus dihapal. Bagi siswa yang mungkin kurang tertarik dengan sains, eksperimen bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Bapak Ibu bisa mulai dengan eksperimen sederhana seperti Membandingkan Berat Benda atau Perubahan Wujud Zat.

 

4. Evaluasi Belajar dengan Game

Ketika tiba waktunya bagi Bapak Ibu untuk memberikan kuis atau ulangan harian, pikirkan cara menarik dan kreatif untuk mengevaluasi pembelajaran siswa. Bapak Ibu dapat menggunakan berbagai permainan yang sudah mereka kenal dan memasukkan unsur tanya-jawab ke dalamnya. Jika ingin lebih interaktif, Bapak Ibu dapat mengajak siswa bermain game edukasi seperti Game Bangun DatarGame Memori Planet, atau Game Meteor.

 

5. Ajak Siswa Karyawisata

Jika ada kesempatan untuk mengajak siswa ke luar kelas, seperti karyawisata, jangan ragu untuk memanfaatkannya! Cara terbaik untuk membuat belajar jadi menyenangkan adalah dengan cara menunjukkannya secara fisik dan visual. Kegiatan ini dapat membantu siswa belajar hal baru atau mengulang apa yang sudah mereka pelajari di kelas. Jika kelas Bapak Ibu berkunjung ke daerah pantai, ajak siswa mengenal Ciri dan Keunikan Lingkungan Pantai. Sebaliknya, di gunung, Bapak Ibu dapat mengenalkan Ciri dan Keunikan Lingkungan Pegunungan.

 

Dengan mempraktekkan cara-cara di atas, mengajar juga akan menjadi lebih menyenangkan bagi Bapak Ibu. Semoga dengan demikian siswa jadi lebih semangat untuk belajar dan meraih prestasi.

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?