Sudah Tahu Tips dan Trik PowerPoint Ini? Simak Tutorialnya

Jika mendengar kata presentasi, mungkin aplikasi yang muncul di benakmu adalah PowerPoint. Ya, aplikasi besutan Microsoft ini merupakan salah satu andalan Microsoft Office Suite yang paling sering digunakan untuk membuat presentasi atau dokumen-dokumen visual lainnya.

PowerPoint hadir dengan tampilan antarmuka yang ramah pengguna sehingga relatif mudah digunakan oleh siapa pun. Selain itu, pilihan fitur yang ditawarkan juga cukup beragam sehingga kamu bisa melakukan berbagai modifikasi untuk menciptakan presentasi yang atraktif.

Namun, tahukah kamu bahwa PowerPoint juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat melengkapi salindia atau slide presentasi yang kamu buat? Selain itu, ada pula tips dan trik untuk mengamankan presentasimu dari tangan-tangan “jahil”. Apa saja tips dan trik tersebut? Simak ulasan mengenai tutorial PowerPoint dari Primaindisoft berikut ini!

credit – Lifewire

Memeriksa Ejaan dan Tata Bahasa

Kesalahan dalam pengetikan atau typo tentunya menjadi hal yang menyebalkan ketika ditampilkan dalam salindia yang kamu buat. Selain tidak nyaman dibaca, typo juga dapat memberikan kesan kurang profesional ketika kamu melakukan presentasi, terutama presentasi yang bersifat lebih formal.

Untuk menghindari kesalahan eja, kamu bisa menggunakan fitur Spelling and Grammar pada PowerPoint. Dengan fitur ini, kamu bisa menyeleksi teks pada salindia dan memindai kesalahan eja dan tata bahasa yang bisa diperbaiki. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan kamu sudah mengatur teks ke dalam bahasa yang sesuai.

Pranala dan Tombol Tindakan

Saat melakukan presentasi, mungkin kamu ingin beralih dari satu halaman ke halaman lainnya yang tidak berurutan. Tentunya akan merepotkan jika kamu harus keluar dari mode presentasi, mengeklik halaman yang diinginkan, kemudian masuk kembali ke mode presentasi untuk menampilkan halaman dalam layar penuh.

Dengan fitur Hyperlink and Action Buttons, kamu bisa menyisipkan tautan atau tombol pada salindia sebagai alat navigasi antar halaman agar kamu tidak perlu mengakses halaman yang diinginkan secara manual. Selain itu, kamu juga bisa menautkan teks ke dokumen atau situs web internet agar dapat diakses secara otomatis.

Mencetak Handout

Ketika melakukan presentasi, kamu mungkin ingin membagikan materi yang kamu bahas ke teman-teman yang lain agar bisa dibaca di rumah. Bagi kamu yang belum tahu, salindia yang dibuat tidak hanya dapat ditampilkan, tetapi juga bisa kamu cetak! Fitur Print pada PowerPoint memungkinkanmu untuk mencetak halaman-halaman salindia menjadi handout yang bisa diperbanyak.

Mengunci Presentasi

Selain fitur, tutorial PowerPoint dari Primaindisoft juga menghadirkan tips yang berguna untuk melindungi presentasimu. Dengan tips ini, hasil kerjamu tidak akan diubah atau diakses orang lain.

Kamu bisa menerapkan kata sandi khusus agar salindia hanya bisa ditinjau dan dibaca (read-only) sehingga orang lain tidak bisa melakukan modifikasi. Agar lebih aman, kamu juga bisa menetapkan kata sandi agar berkas presentasimu tidak bisa diakses oleh sembarang orang!

Itulah ulasan mengenai tutorial PowerPoint yang dapat meningkatkan alur kerja dan penampilan presentasimu. Selain lebih menarik, keamanan berkas presentasimu juga lebih terjaga! Semoga bermanfaat!

Komentar