5 Tips Agar Kegiatan Belajar Semakin Efektif dan Menyenangkan

Bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah, memiliki waktu belajar yang efektif dan menyenangkan tentu menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, ketika kamu menikmati waktu belajar, materi-materi pelajaran yang kamu pelajari pastinya akan lebih mudah untuk diserap dan diingat dalam jangka waktu yang lama.

Sayangnya, mendapatkan waktu belajar yang efektif dan menyenangkan bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, berikut adalah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar kegiatan belajarmu menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

 

Tentukan Waktu Belajar

Dengan belajar di waktu yang tepat, kamu akan lebih berkonsentrasi dan mudah memahami apa yang kamu pelajari. Di samping itu, ada baiknya juga jika kamu membatasi waktu belajar dengan membuat jadwal.

Belajar berjam-jam justru akan membuat otak merasa lelah dan menurunkan konsentrasi. Agar lebih efektif, bagi waktu belajar dengan durasi yang tidak terlalu lama namun dengan intensitas yang banyak, misalnya 3 x 30 menit.

 

Gunakan Metode Belajar yang Kamu Sukai

Setiap orang tentu memiliki metode belajarnya sendiri. Ada yang nyaman belajar sambil mendengarkan musik, ada yang suka belajar sambil mencoret-coret, ada yang lebih suka menggunakan visualisasi gambar, dan lain sebagainya. Karenanya, penting untuk menerapkan metode yang kamu sukai ketika belajar. Dengan begitu, kegiatan belajar pastinya akan semakin efektif dan terasa menyenangkan.

 

Buat Mind Map

Membuat mind map atau peta konsep juga dapat menjadi cara efektif untuk membuat kegiatan belajar semakin menyenangkan. Menurut sejumlah penelitian, otak manusia pada dasarnya cenderung berpikir secara holistik dan kreatif. Jadi, ketika diberikan informasi secara linier, sangat wajar apabila otak sulit menerimanya.

Dengan menggunakan mind map, otak akan berpikir lebih kreatif dan daya ingat otak juga akan meningkat hingga 120 persen. Di samping itu, mind map juga dapat menyingkat materi pelajaran yang banyak menjadi poin-poin penting yang lebih mudah untuk dipelajari.

 

Kreatif

credit – incimages

Kreatifitas juga sangat diperlukan untuk membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan. Untuk itu, cobalah membuat trik-trik seru agar kamu lebih mudah dalam memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Misalnya dengan menjadikannya dalam bentuk nyanyian, singkatan, dan lain sebagainya.

 

Manfaatkan Media Belajar Digital

credit – Librarymonash

Nah, jika kamu merasa sulit memahami materi-materi yang disajikan di buku pelajaran, memanfaatkan media belajar digital bisa menjadi alternatif yang patut kamu coba. Melalui media belajar digital, materi pelajaran umumnya akan dikemas melalui konten video yang menarik. Dengan begitu, kamu pastinya akan lebih mudah dalam memahami meteri yang disampaikan.

Adapun salah satu media belajar digital yang siap membantumu belajar adalah Primaindisoft. Bukan hanya video-video materi pembelajaran, di Primaindisoft kamu juga bisa belajar melalui komik elektronik serta kuis-kuis interaktif. Menarik, bukan?

Itulah beberapa tips agar kegiatan belajar menjadi semakin efektif dan menyenangkan. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktikkan!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?