Facebook Live, Terobosan Baru bagi Pembelajaran

Bagi Bapak Ibu, Facebook mungkin sudah tidak asing lagi. Facebook bisa sangat berguna untuk saling berinteraksi dengan sesama guru dan berbagi tips menarik seputar kegiatan belajar-mengajar. Nah, tahukah Bapak Ibu bahwa Facebook memiliki fitur terbaru yang akan sangat berguna bagi guru? Fitur ini adalah Facebook Live.

Facebook Live pada dasarnya adalah fitur untuk melakukan live streaming. Ini berarti Bapak Ibu melakukan siaran langsung yang dapat disaksikan secara real time oleh siapapun yang menjadi teman Bapak Ibu di Facebook. Sebelumnya ada cukup banyak platform yang menyediakan fitur ini seperti Skype, UStream, dan Livestream. Namun, sejauh ini Facebook Live sangat mudah dan sederhana untuk digunakan dibanding platform yang saya sebutkan di atas.

 

Apa Saja Kegunaan Facebook Live untuk Belajar?

Tentu saja kita bisa memikirkan banyak sekali kegunaan atau manfaat fitur live streaming bagi dunia pendidikan, khususnya bagi para guru. Mari kita mulai dari tiga hal berikut…

1. Menjelang masa ujian, Bapak Ibu bisa melakukan live streaming untuk membahas ulang pelajaran sementara siswa dapat menonton di rumah dengan santai. Jika ada siswa yang ingin mengajukan pertanyaan, mereka bisa menulis di kolom komen sehingga Bapak Ibu bisa langsung menanggapinya.

2. Facebook Live juga bisa digunakan sebagai cara untuk merekam kegiatan pembelajaran yang terjadi di kelas. Orangtua siswa pasti akan senang dan tertarik untuk mengetahui keasyikan apa yang terjadi di kelas. Hal ini dapat membuat mereka lebih dekat dan merasa terlibat dengan proses pembelajaran siswa di tengah kesibukan mereka.

3. Suatu waktu, mungkin Bapak Ibu sedang berada di sebuah tempat dan melihat sebuah hal menarik yang bisa menjadi bahan pembelajaran siswa. Misalnya, di museum atau tempat wisata. Facebook Live memudahkan Bapak Ibu untuk berbagi informasi dan pengetahuan baru dengan siswa. Mungkin siswa-siswi Bapak Ibu tidak dapat mengikuti video secara live. Namun, karena video tersebut otomatis tersimpan di laman Facebook, Bapak Ibu dapat meminta mereka untuk menonton setelahnya.

 

Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Bapak Ibu perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum mulai melakukan live streaming di Facebook.

  1. Tujuan belajar

Bapak Ibu mungkin tidak perlu membuat RPP, tetapi penting juga untuk menentukan tujuan pembelajaran dari live streaming yang akan dilakukan. Hal ini untuk menjaga fokus dari live streaming dan supaya siswa bisa mendapatkan hal maksimal dari video tersebut.

  1. Akun Facebook

Bapak Ibu tentu perlu memiliki akun Facebook. Jika Bapak Ibu ingin live streaming hanya bisa ditonton oleh sekelompok orang (private) dan tidak tersedia untuk publik, maka sebaiknya Bapak Ibu membuat grup tertutup (closed group) yang hanya berisikan siswa atau orangtua. Buka link ini untuk melihat cara pengaturan privasi grup di Facebook: https://www.facebook.com/help/220336891328465?helpref=faq_content

  1. Ponsel berkamera

Tidak perlu ponsel atau kamera mahal untuk melakukan live streaming. Ponsel sederhana sekalipun pada umumnya sudah memiliki kamera yang cukup mumpuni. Hanya saja, penggunaan kamera belakang biasanya menghasilkan video atau gambar yang lebih bagus dibandingkan kamera depan.

  1. Koneksi Internet

Tentu saja, karena Facebook adalah sebuah platform online, Bapak Ibu memerlukan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya. Pastikan koneksi Bapak Ibu cukup kuat dan stabil untuk melakukan live streaming.

  1. Izin dari pihak yang terlibat

Meski terkadang hal ini jarang diperhatikan, Bapak Ibu sebaiknya perlu meminta izin dari setiap orang yang terlibat atau muncul pada sesi live streaming yang dilakukan. Misalnya, jika ada siswa yang tampil pada saat live streaming, pastikan siswa yang bersangkutan dan orangtua tidak merasa keberatan dengan hal tersebut.

 

Kendala yang Mungkin Muncul

Ada beberapa kendala atau masalah yang mungkin muncul pada saat Bapak Ibu melakukan Live streaming. Namun, hal ini dapat diantisipasi jika kita mengetahui sebelumnya.

  1. Sinyal tidak stabil

Satu masalah yang tidak bisa dihindari ketika Bapak Ibu melakukan live streaming adalah sinyal yang kadang melemah. Akibatnya, siapapun yang sedang menonton live streaming Bapak Ibu akan melihat video dengan kualitas rendah. Oleh karena itu, sebelum memulai live streaming, ada baiknya Bapak Ibu memeriksa kecepatan internet. Link untuk memeriksa kecepatan internet: http://www.speedtest.net/ Selain itu, sediakan lebih dari satu sumber koneksi. Misalnya, jika Bapak Ibu berencana menggunakan jaringan lokal (LAN), sebaiknya sediakan modem atau mobile data sebagai back up plan.

  1. Jika terjadi kesalahan, jangan panik

Karena ini adalah live streaming, maka Bapak Ibu tidak dapat mengedit tampilan video yang akan dilihat oleh siswa atau publik. Jadi, pastikan Bapak Ibu telah mempersiapkan diri sehingga kesalahan bisa diminimalisir. Tentu saja, tidak ada pembelajaran yang lepas di kelas dari kesalahan. Jika ada penjelasan yang kurang tepat, segera perbaiki tanpa perlu merasa panik. Anggap saja Bapak Ibu sedang mengajar seperti biasa di depan kelas.

  1. Motivasi siswa supaya berani tampil

Jika Bapak Ibu melakukan live streaming dengan melibatkan siswa di kelas, mungkin beberapa siswa akan terlihat lebih tegang dari biasanya. Siswa Bapak Ibu mungkin malu bila ia sampai tertangkap melakukan kesalahan atau salah menjawab di depan kamera. Untuk mengatasinya, tempatkan kamera di tempat yang strategis namun tidak terlalu mengganggu konsentrasi siswa sehingga siswa tetap bisa fokus pada aktivitas belajar. Tentu saja, Bapak Ibu perlu memberi motivasi ekstra supaya mereka bisa terlihat lebih aktif.

 

Langkah-Langkah untuk Memulai Live

Ikuti langkah mudah untuk memulai:

1. Buka aplikasi Facebook di ponsel Bapak Ibu. Jika belum memiliki aplikasi ini, segera download di Google Play Store atau App Store.

2. Masuk dengan email dan password dari akun Bapak Ibu.

3. Pada halaman Linimasa (Timeline) akun Bapak Ibu, pada bagian atas terdapat daftar “Cerita” atau Story yang telah dikirim oleh teman Bapak Ibu. Klik lingkaran dengan kata “Tambah” sesuai panah pada gambar.

4. Pilih “Siaran Langsung” dan pilih pengaturan siapa yang bisa melihat livestreaming Bapak Ibu.

5. Jika sudah, klik “Mulai Video Siaran Langsung” dan Bapak Ibu akan segera live!

Contoh Penggunaan Facebook Live:

  1. Praktik Biologi: Pembedahan Jantung” di The Regent’s International School, Bangkok
  2. Pertemuan Kepala Sekolah” di InnovativeEdu
  3. Pembahasan Soal Matematika” di Primaindisoft.com

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?