5 Keterampilan yang Bisa Dipelajari dari Internet Secara Otodidak

Berkat kemajuan teknologi, sekarang kamu bisa mempelajari banyak hal dan keterampilan secara otodidak. Yuk, cari tahu keterampilan apa saja yang bisa kamu pelajari melalui internet.

Kehadiran internet membawa banyak dampak positif bagi dunia pendidikan. Hanya bermodalkan gawai dan kuota internet, kamu dapat mengakses informasi menarik, mulai dari artikel, video edukasi, dan permainan seru.

Bahkan, keterampilan khusus pun kini dapat dipelajari secara mandiri melalui internet. Lantas, apa saja sih keterampilan dan hal bermanfaat lainnya yang dapat dipelajari melalui internet?

 Coding dan pengoperasian perangkat komputer

Di era digital ini, keterampilan pengodean atau coding semakin dibutuhkan. Kamu dapat mempelajari ilmu dasar coding dan pengoperasian perangkat lunak komputer melalui beragam tutorial gratis yang tersedia di internet. Selain mempelajari materi sekaligus berlatih, kamu juga dapat berdiskusi melalui forum dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Memasak

Hobi memasak kalian kini jadi lebih terakomodasi berkat kehadiran video tutorial memasak serta aneka resep yang dapat diakses melalui internet. Dulu, orang mungkin perlu belajar langsung di lembaga pendidikan dan keterampilan. Sekarang, dengan menyimak tutorial memasak melalui video di YouTube dan media sosial, kamu sudah bisa menyajikan hidangan yang lezat untuk keluarga.

 Video Editing

Menyunting cuplikan video menjadi karya artistik bisa jadi merupakan hal yang cukup menantang. Untungnya, sekarang kamu bisa mengakses tutorial video editing dengan mudah di internet. Bahkan, aplikasi editing dengan fitur sederhana pun tersedia secara gratis. Setiap orang kini dapat memproduksi video dengan hasil editan yang layak dipajang di media sosial.

Menulis kreatif

Mungkin banyak dari kalian yang masih merasa kesulitan dalam mengungkapkan ide melalui tulisan yang tersusun dengan baik. Tak perlu minder, kamu dapat “berguru” dengan para penulis andal melalui forum internet. Tersedia beragam tips seputar penulisan seperti penggunaan ejaan yang tepat, membuat tulisan sesuai kategori audiens, hingga ilmu dasar menulis kreatif untuk kebutuhan komersial seperti copywriting.

Keterampilan berbahasa asing

Tidak ada alasan untuk tidak percaya diri karena keterampilan bahasa asing yang pas-pasan. Kamu dapat mencari video latihan percakapan dalam bahasa Inggris melalui YouTube atau mempelajari kosakata dan tata bahasa dari artikel gratis yang tersebar di berbagai situs. Selain browsing, aplikasi smartphone yang menyajikan materi bahasa asing pun dapat diunduh secara gratis.

Untuk mengakses konten pelajaran bahasa Inggris dengan penyajian menarik, kamu dapat berlangganan di Primaindisoft. Tak hanya menyajikan materi bahasa Inggris, Primaindisoft juga punya materi pelajaran lainnya seperti matematika, sains, IPS, dan bahasa Indonesia untuk TK-SMA. Yuk, manfaatkan kemajuan teknologi dan sumber informasi untuk meningkatkan keterampilan!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?