Seperti Apa Sih Perbedaan Cara Belajar Zaman Dulu dan Sekarang?

Dunia pendidikan terus berkembang dari tahun ke tahun. Tak hanya berbicara soal kurikulum, perbedaan cara belajar dulu dan sekarang pun ditentukan sejumlah aspek seperti media dan sarana.

Kamu pasti sering dengar cerita Ayah dan Ibu saat mereka masih bersekolah, bukan? Pasti banyak dari kalian yang berpikir betapa berbedanya kurikulum serta cara belajar siswa zaman dulu dan sekarang. Tentu saja, dunia pendidikan selalu berkembang demi menyesuaikan kebutuhan tiap generasi. Nah, kira-kira, apa saja sih aspek yang membedakan cara belajar dulu dan sekarang?

Sarana dan alat bantu belajar

Dari tahun ke tahun, alat bantu belajar di sekolah selalu mengalami peningkatan. Ayah dan Ibu kamu mungkin masih merasakan betapa berdebunya papan tulis dan kapur saat belajar di kelas. Para siswa pun harus rajin mencatat materi yang ditulis di papan tulis agar tidak ketinggalan pelajaran.

Sekolah di era modern sudah banyak menggunakan whiteboard dan spidol sebagai alat bantu belajar. Bahkan, siswa pun dapat membawa laptop ke sekolah untuk mendukung aktivitas belajar. Guru pun tak lagi menempelkan alat peraga di papan tulis. Cukup dengan laptop dan proyektor, seisi kelas dapat menyimak materi pelajaran dengan lebih nyaman.

Kurikulum

Sejak era pasca-kemerdekaan hingga saat ini, kurikulum pendidikan Indonesia sudah melalui beragam perubahan. Dulu kita mengenal adanya kurikulum CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang menuntut guru untuk menyampaikan materi di kelas dengan target dan porsi tertentu. Jika dulu guru diwajibkan untuk lebih aktif dalam proses belajar, di kurikulum saat ini justru siswa yang harus proaktif dalam berpartisipasi di kelas.

Sumber informasi

Zaman dulu, belajar identik dengan membaca buku pelajaran atau koran. Terkadang, cukup sulit pula untuk menemukan buku pelajaran dengan materi yang komplet dan mudah dipahami. Sekarang, aktivitas belajar tak melulu berkaitan dengan buku. Informasi dapat diakses melalui media digital. Siswa pun dapat mengakses berbagai materi pelajaran melalui video, artikel, hingga soal ujian nasional dari tahun ke tahun.

Video dan konten edukasi yang tersedia di internet pun disajikan dengan tampilan yang menarik. Platform edukasi digital Primaindisoft juga menyediakan beragam konten materi pelajaran yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan anak. Tak hanya menyajikan materi dan soal latihan, kamu juga dapat mengakses aneka game edukasi untuk mengasah memori. Seru, bukan? Yuk, gabung untuk mewujudkan cita-cita jadi juara 1 di sekolah!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?