Manfaat Membaca Komik terhadap Tumbuh Kembang Anak

Komik pembelajaran sangat baik untuk mengajari anak sikap yang baik dan memicu kebiasaan suka membaca.

Selama ini komik dianggap sebagai biang keladi malasnya anak dalam belajar. Padahal tidak demikian. Beberapa jenis komik juga memberikan cukup banyak manfaat pada anak. Bahkan, bisa digunakan sebagai sarana belajar yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Nah, untuk mengenal lebih banyak tentang manfaat komik, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Daya Imajinasi Anak

Imajinasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk anak-anak. Dengan mengembangkan kemampuan imajinasi pada anak, mereka akan memiliki kemampuan seni yang tinggi. Selain seni, imajinasi juga memudahkan anak dalam belajar sesuatu.

Komik umumnya terdiri dari beberapa kotak yang memiliki gambar. Dari gambar yang saling terangkai ini anak bisa membayangkan bagaimana tokoh berbicara, bergerak, hingga memecahkan masalahnya.

2. Bisa Menyisipkan Pesan Moral

Komik memiliki pesan moral yang sangat baik untuk mendidik sifat dan perilaku dari anak. Anda bisa memberikan komik pembelajaran seperti tentang anak yang saling membantu atau hal baik lainnya. Meski tidak diajarkan secara langsung, anak akan tahu kalau hal itu baik dan harus dilakukan.

3. Mengajari Tanpa Terkesan Menggurui

Anak memiliki ego yang sangat besar. Kalau diajari oleh orang tua mereka suka ngeyel dan membantah. Selain itu orang tua juga kadang terkesan menggurui dan hal itu tidak disukai oleh anak, khususnya di usia masih TK. Komik bisa menjembatani hal itu dengan baik.

4. Membuat Anak Rajin Membaca

Membaca adalah kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh anak-anak. Dengan memberikan komik khususnya jenis komik belajar, mau tidak mau mereka harus belajar membaca dengan baik dan mempelajari kata-kata.

Dari pembelajaran inilah anak jadi semakin rajin membaca dan perbendaharaan katanya meningkat. Membiasakan anak mau membaca sejak dini akan terus terbawa hingga mereka masuk SD sampai akhirnya ke perguruan tinggi.

Dari ulasan di atas kita bisa membuat kesimpulan kalau sebenarnya komik memiliki cukup banyak manfaat untuk perkembangan anak. Namun, kita harus memilih jenis komik yang tepat agar sesuai dengan usia anak. Coba gunakan e-comic yang disediakan oleh Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?