Ciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan Melalui 3 Permainan Interaktif Berikut Ini

Yuk, ciptakan proses belajar yang menyenangkan melalui 3 kuis interaktif berikut ini

Proses belajar mengajar tak melulu harus di dalam kelas dan sambil duduk mendengarkan guru berbicara, tapi juga bisa dilakukan secara menarik dengan bantuan quiz kreatif di kelas.

Nah, untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan, berikut 3 permainan interaktif yang bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu tips membuat quiz di kelas.

Belajar Bahasa Inggris dengan Kuis Merangkai Kalimat

Permainan ini cocok untuk siswa SMP hingga SMA. Tujuannya adalah membantu siswa agar lebih fasih dalam berbicara bahasa inggris. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah.

Buatlah sebuat awal kalimat, kemudian tunjuk murid secara acak untuk melanjutkan kalimat yang telah Anda buat menjadi rangkaian cerita yang masuk akal. Begitu seterusnya. Apabila murid tidak bisa melanjutkan kalimat, Anda bisa menyuruh mereka maju dan menceritakan kegiatan sehari-hari dalam bahasa inggris sebagai hukumannya.

Dalam prosesnya Anda juga bisa penilaian terhadap susunan grammar-nya,  penggunaan kosa kata, serta pelafalannya apakah sudah benar atau belum.

Belajar Matematika dengan Kuis Loncat Kelinci

Tujuan permainan ini adalah membantu belajar hitung untuk siswa SD. Anda bisa menggunakan kapur tulis untuk menggambar garis bilangan seperti gambar penggaris di lantai. Untuk memulai permainan, pertama siswa harus berdiri di angka nol.

Kemudian sebutkan soalnya. Misalnya 1+4, setelah mereka tahu jawabannya, minta mereka untuk lompat ke angka yang dimaksud. Hasilnya tak melulu bersifat positif, mengenalkan murid kepada penjumlahan angka negatif juga bisa.

Belajar Lewat Primaindisoft

Bila tak sempat memikirkan game apa yang bisa digunakan, Anda bisa mengakses Primaindisoft. Di sana ada banyak kuis menarik untuk berbagai mata pelajaran. Setelah akses, tampilkan saja lewat proyektor, kemudian ajak siswa bersama-sama menjawab pertanyaan yang ditampilkan di layar. Biar tertib, minta mereka untuk mengangkat tangan sebelum menjawab. Sebagai hadiahnya, Anda bisa memberikan reward sederhana seperti tambahan poin.

Itulah 3 game interaktif di kelas yang bisa Anda praktikkan. Ingat, belajar tak melulu harus menulis di kertas, lewat permainan pun bisa. Nah, selamat mencoba, semoga berhasil!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?