Sejarah Singkat Kereta Api di indonesia

Suasana kesibukan pembangunan jaur kereta api Semarang-Tanggung (Sumber : Koleksi Album NISM) – Heritage.kai.id

Kereta Api di Indonesia pertama kali di bangun pada 17 Juni 1864 di Desa Kamijen, yang diprakarsai oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) dengan rute Samarang-Tanggung dan diresmikan oleh Mr. Ludolph Anne Jan Wilt baron Sloet van de Beele, beliau adalah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-52. Ia memerintah antara tahun 1861 – 1866. Namun jalur ini baru dibuka tiga tahun berikutnya, 10 Agustus 1867.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan perusahaan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang.

Pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya menegaskan bahwa mulai hari itu kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia sehingga Jepang sudah tidak berhak untuk mencampuri urusan perkeretaapian di Indonesia.
Dan ini yang menjadi landasan ditetapkan tanggal 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) yang sekarang menjadi PT. KAI

Selamat Hari Kereta Api Nasional

Sumber

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?