Sambut Hari Batik Nasional, Rayakan dengan Cara Ini

Guru merupakan salah satu elemen penting dalam sistem pendidikan. Guru memegang peranan yang vital, terutama menjadi objek yang ditiru sikapnya oleh para siswa. Dengan posisinya, guru juga dapat mentransfer nilai-nilai yang baik kepada siswa dengan mudah, baik melalui materi pelajaran maupun prinsip hidup dan perilakunya selama berada di lingkungan sekolah.

Cinta Indonesia

Cinta tanah air merupakan salah satu nilai positif yang perlu diajarkan kepada siswa sejak dini. Dengan mencintai tanah air, siswa akan terdorong untuk melakukan tindakan-tindakan aktif demi kemajuan bangsa.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk itu, salah satunya mencintai produk buatan dalam negeri seperti batik. Dengan memilih produk dalam negeri, bukan hanya dapat memacu produsen lokal untuk berkembang, tetapi juga dapat mengurangi impor dari luar negeri.

Selain itu, batik secara khusus menawarkan keindahan budaya Indonesia dalam bentuk lain. Keragaman adat istiadat yang megah bisa dinikmati melalui selembar kain. Nah, sebagai bentuk partisipasi dalam merayakan Hari Batik Nasional, guru dapat mengajak siswa melakukan beberapa hal, antara lain:

  • Mengenakan Seragam Batik

Guru bekerja sama dengan pihak sekolah, dapat mengajak para siswa untuk memeriahkan Hari Batik Nasional dengan berseragam batik pada hari tersebut. Selanjutnya, di ruang kelas, guru juga dapat menjelaskan kepada siswa asal mula batik dan apa saja keunggulannya.

  • Belajar Membatik

Saat ini, keahlian membatik sudah mulai jarang dimiliki, terutama oleh generasi modern. Padahal, ada nilai-nilai yang luhur di balik proses pembuatan batik. Belajar membatik sekaligus dapat membentuk karakter seseorang, terutama dalam hal kesabaran.

Nah, sebagai wujud kepedulian terhadap batik di Hari Batik Nasional, sekolah dapat menyelenggarakan pelajaran membatik massal. Pasti menyenangkan dan seru!

  • Mempelajari Batik dari Pakarnya

Kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Batik Nasional adalah belajar dari para pakar batik. Sekolah dapat menyelenggarakan suatu acara seminar singkat dengan mengundang salah seorang pembatik atau pengusaha batik.

Alternatif lain, melakukan tur ke sentra-sentra pembuatan batik. Selain dapat merasakan suasana di sana, siswa juga dapat mengenal sejarah batik dan tertarik untuk mendalaminya.

Meskipun membuat batik tidak mudah, hasilnya sangat layak untuk dihargai. Jadi, mengajak siswa untuk mempelajari batik, baik melalui teori maupun praktik, sangatlah penting.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?