Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Terkena Serangan Jantung

Bagaimana jika suatu ketika kamu sedang sendirian dan tiba-tiba merasa terkena serangan jantung ?

Serangan jantung adalah suatu kondisi gawat darurat yang terjadi akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah ke jantung. Pemicu serangan jantung biasanya pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, makan makanan berlemak, dan konsumsi alkohol. Serangan jantung tidak mengenal usia. Tua ataupun muda, kaya atau miskin, semua memiliki resiko terkena serangan jantung.

Bagaimana jika suatu saat kamu mengalami serangan jantung? Kamu tentu memerlukan bantuan orang terdekat. Akan tetapi, apakah kamu yakin dapat segera mendapat pelayanan medis rumah sakit? Asal tahu, banyak peristiwa serangan jantung yang terjadi ketika seseorang sedang sendirian dan ia hanya punya waktu kurang dari 10 menit saja sebelum kehilangan kesadaran.

Sebenarnya kamu bisa menolong diri sendiri atau orang lain yang terkena serangan jantung dengan cara:

– Kenali dengan cepat tanda serangan jantung
Ciri-ciri serangan jantung diawali dengan jantung yang berdebar tidak teratur, rasa sakit atau rasa tidak nyaman di tengah dada dan berlangsung selama beberapa menit dan terus kembali.

Orang yang terkena serangan jantung tiba-tiba akan merasa sulit bernafas, mual, pusing, pucat, berkeringat dingin, dan merasa ingin pingsan.

– Cari tempat dan posisi yang nyaman untuk duduk
Jika orang yang terkena serangan jantung menggunakan pakaian atau ikat pinggang ketat, maka longgarkan pakaian atau ikat pinggang tersebut. Kemudian, segera carilah posisi yang nyaman untuk bisa duduk.

– Hubungi bantuan
Jika gejala ini kamu alami sendiri, kamu bisa berteriak memanggil seseorang atau hubungi nomor telepon darurat yaitu 118 atau 119 untuk respons cepat ambulans. Selama menunggu bantuan, tetaplah tenang dan jangan panik.

Berpura-pura batuk secara berulang-ulang
Berusahalah untuk batuk dengan penuh semangat. Batuk harus dilakukan secara dalam dan panjang, lakukan seperti hendak membuang dahak. Tujuan berpura-pura batuk adalah untuk menekanĀ  jantung sehingga sirkulasi darah kembali normal.

Selain itu, tariklah nafas yang dalam setiap kali hendak batuk. Tujuannya adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam paru-paru sehingga pernafasan tetap lancar. Menarik nafas yang dalam dan batuk HARUS terus dilakukan sampai bantuan datang atau sampai detak jantung berasa normal kembali.

– Tetap menjaga kesadaran
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesadaran seperti menekan-nekan jantung dan berpura-pura sedang memainkan alat musik. Dengan menekan-nekan jantung, selain membantu tetap sadar juga dapat membantu menormalkan denyut jantung.

– Segera mencari obat jantung (jika ada)
Jika tidak ada obat jantung, aspirin dapat digunakan sebagai pengganti obat jantung. Aspirin dapat mengurangi kemungkinan terjadi pembekuan darah.

– Berdoa
Berdoa selain membantu untuk tetap sadar, juga dapat membantu orang yang terkena serangan jantung lebih tenang. Serangan jantung memang sangat mengerikan, tetapi dengan tahu bagaimana menghadapi serangan jantung pada diri sendiri dan orang lain tentu dapat memberikan kita harapan untuk selamat dari serangan jantung tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?