Persiapkan UN SD Si Buah Hati dengan 5 Cara Menyenangkan Ini

Ujian Nasional tentu menjadi momen paling menegangkan bagi para siswa sekolah, tak terkecuali siswa Sekolah Dasar. Karenanya, orang tua wajib hadir dan mendampingi buah hatinya agar mampu menghadapi Ujian Nasional dengan lebih tenang.

Agar si kecil tetap tenang dan siap dalam menghadapi UN atau USBN, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua, seperti:

  1. Biarkan Anak Belajar dengan Caranya Sendiri

Bagi sebagian anak, belajar dengan suasana yang sunyi dan diharuskan untuk duduk tenang selama berjam-jam merupakan hal yang membosankan. Banyak anak yang lebih nyaman belajar di luar ruangan, ditemani alunan musik, atau belajar melalui permainan interaktif. Orang tua harus mampu memperhatikan kebiasaan anak dalam belajar agar dapat membantu anak menyerap ilmu dan pelajaran dengan lebih maksimal.

  1. Apresiasi Setiap Pencapaian Anak

Orang tua wajib memberikan apresiasi atas setiap pencapaian belajar anak. Misalnya, jika nilai try out atau latihan ujian si kecil mendapatkan nilai yang memuaskan, beri ucapan selamat atau hadiah menarik untuk memancing si kecil agar terus semangat memberikan yang terbaik.

Hal tersebut juga berlaku jika anak belum mampu mencapai target belajarnya. Yang paling penting, jangan buat anak merasa tertekan karena target-target yang dibuat orang tua.

  1. Ceritakan Pengalaman Orang Tua Saat Menghadapi Ujian

Anda juga dapat menceritakan bagaimana pengalaman mengikuti ujian saat sekolah. Dengan demikian, anak jadi merasa tidak sendirian dalam menghadapi rasa cemas dan deg-degan saat menghadapi ujian.

  1. Buat Soal Latihan Berbentuk Cerita

Terkadang, banyak anak yang kesulitan memahami soal-soal teknis. Berdasarkan penelitian, otak manusia lebih tertarik pada informasi yang bersifat emosional. Karenanya, Anda dapat mengubah soal latihan menjadi sebuah cerita yang dapat menarik perhatian anak. Selain itu, bebaskan anak untuk menuangkan pemahamannya mengenai suatu materi dengan bercerita.

  1. Buat Latihan Ujian Jadi Menyenangkan dengan Materi Pelajaran yang Interaktif

Otak anak lebih mudah menangkap suatu informasi jika terdapat aspek-aspek yang membuatnya tertarik, entah itu warna, gambar, atau cerita menarik. Anda dapat melatih si kecil dengan menjajal konten pelajaran yang interaktif dan tidak membosankan seperti e-comic dan video animasi.

Primaindisoft juga punya konten belajar menarik seperti yang disebutkan tadi, lo. Salah satu program unggulannya adalah ALUN alias Aplikasi Latihan Ujian Nasional. Dalam aplikasi tersebut, Anda dapat menemukan berbagai soal latihan ujian nasional dari berbagai kurikulum.

Dengan konten yang dikemas secara menarik, si kecil dapat lebih mudah dalam memahami materi sekaligus memecahkan soal-soal latihan ujian. Tertarik? Yuk, gabung membership Primaindisoft untuk mengakses konten edukasi menariknya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?