Tips Belajar Efektif untuk Menghadapi UN SMP

Siapa yang tidak tegang saat menghadapi UN? Semua siswa tentu merasakan cemas, tegang, dan bahkan tidak percaya diri. Padahal, jika tahu bagaimana cara belajar yang tepat, UN akan terasa jauh lebih menyenangkan.

Karenanya, matangkan persiapan ujian nasional dengan pemahaman materi, latihan soal, dan menghafal rumus pelajaran eksakta. Selain itu, ada beberapa tips menarik lainnya agar belajar untuk persiapan UN jadi lebih efektif. Apa Saja? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Buat Rangkuman Materi

Biar belajar lebih ringkas dan efektif, cobalah untuk membuat rangkuman seluruh mata pelajaran yang akan diikutkan dalam UN. Tulis rangkuman dengan spidol warna-warni untuk beberapa pembahasan berbeda. Tidak ada salahnya juga, lho, untuk membuat gambar yang berhubungan dengan materi. Yang paling penting, buat rangkuman materi sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional.

Belajar Kelompok

Ajak teman-temanmu untuk belajar bersama. Pilih beberapa orang teman untuk menjadi tutor matematika, bahasa Inggris, atau mata pelajaran lainnya. Biasanya, jika dijelaskan oleh teman sendiri, materi pelajaran yang sulit sekalipun bisa lebih mudah dipahami. Kamu juga bisa saling berbagi trik bagaimana menyelesaikan soal dengan lebih cepat. Tapi ingat, ya, tujuan utamanya untuk belajar, bukan yang lain.

Jangan Malas Mengikuti Pengayaan di Sekolah

Biasanya, menjelang UN, sekolah sering mengadakan program belajar intensif, entah itu pemantapan materi atau pengayaan, hingga try out. Nah, jangan sampai kamu melewatkan program belajar yang dibuat sekolah.

Biasanya, saat pengayaan, banyak dibahas soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Siapa tahu model soal yang sama akan dikeluarkan kembali untuk UN SMP tahun ini? Kalau rajin mengikuti pengayaan, kamu jadi lebih siap dan mantap dalam mengerjakan soal-soalnya, bukan?

Perbanyak Mengerjakan Latihan Soal Ujian

Mantapkan pemahaman materi dengan rutin mengerjakan soal-soal latihan ujian nasional. Dengan rutin mengerjakan soal latihan, kamu jadi terbiasa dengan berbagai tipe soal yang punya tingkat kesulitan berbeda-beda.

Selain dari buku latihan UN, kamu juga bisa memperoleh soal-soal latihan serta pembahasannya dengan mengakses konten edukasi dari Primaindisoft. Primaindisoft punya Aplikasi Latihan Ujian Nasional (ALUN) untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Materinya lengkap dan banyak soal-soal latihan yang bisa dicoba untuk mengasah pemahaman materi menjelang UN.

Untuk mengakses konten ALUN, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai anggota di Primaindisoft. Kamu juga bisa mengakses materi, tutorial menjawab soal, dan konten edukasi menarik lainnya lewat smartphone, di mana saja dan kapan saja. Dengan Primaindisoft, belajar untuk persiapan UN pun jadi lebih asyik.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?