Permainan-Permainan Seru untuk Melatih Panca Indra Anak

Di masa pertumbuhan, panca indra anak sedang berkembang pesat. Latih panca indranya dengan permainan-permainan seru berikut ini!

Di usia muda, anak-anak banyak belajar melalui panca indra. Ini bisa Anda lihat ketika bayi memasukkan apa saja ke dalam mulut. Itu mereka lakukan tidak karena mereka lapar, tapi karena mereka ingin mengeksplorasi lebih banyak dengan mulutnya. Seiring berjalannya waktu, mengenalkan panca indra dan gunanya pada anak menjadi semakin mudah dilakukan lewat permainan.

Ingin memperkenalkan panca indra manusia pada anak? Simak beberapa ide permainan berikut ini!

Permainan untuk Melatih Sentuhan

Ingin mengajarkan pada anak apa gunanya sentuhan tangan? Coba ajak mereka bermain sandpaper, slime atau memisahkan objek berdasarkan teksturnya. Bermain menebak objek di dalam kotak lewat sentuhan juga bisa jadi aktivitas yang seru untuk dilakukan di rumah.

Permainan untuk Melatih Indra Perasa

Untuk melatih anak memahami fungsi indra perasanya, coba ajak dia melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Misalnya saja dengan menebak rasa eskrim atau permen kesukaannya hingga membuat kue warna-warni bersama dengan anggota keluarga lain di rumah.

Permainan untuk Melatih Indra Penciuman

Di usia pra sekolah hingga TK, anak-anak biasanya masih kesulitan mengungkapkan aroma. Anda bisa melakukan permainan tebak aroma dengan menggunakan 4-5 benda dengan bau berbeda-beda. Bedak bayi, kayu manis, parfum hingga aroma mint. Ajak si kecil membaui objek satu per satu sembari memperkenalkan namanya. Setelah selesai, uji kembali ingatannya lewat tes.

Permainan untuk Melatih Indra Penglihatan

Salah satu permainan seru untuk melatih penglihatannya adalah petak umpet. Selain itu, Anda juga bisa menyembunyikan mainannya dan mengajak si kecil menemukannya lagi dengan imbalan hadiah jika dia berhasil.

Permainan untuk Melatih Indra Pendengaran

Melatih pendengaran juga bisa dilakukan dengan cara mengasyikkan. Bisa dengan tebak suara binatang. Bisa juga dengan membacakan cerita dan memberinya pertanyaan-pertanyaan terkait isi cerita pada akhir sesi.

Selain dengan permainan-permainan di atas, mengenalkan panca indra manusia juga bisa dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Primaindisoft menyediakan banyak pilihan materi panca indra yang akan mempermudah proses belajarnya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?