4 Jenis Karakter dan Kepribadian Anak

Menurut para ahli, ada 4 jenis karakter anak secara umum. Bagaimana orang tua menghadapi berbagai karakter anak ini?

Manusia terlahir dengan karakter yang berbeda-beda dan ini sudah mulai terlihat sejak usia kita masih anak-anak. Sebagai orang tua, berbagai jenis karakter anak ini kadang membuat Anda sulit menghadapi mereka dengan cara yang tepat.

Menurut para ahli psikologi, setidaknya ada 4 jenis karakter anak. Apa saja dan bagaimana Anda sebagai orang tua menyikapinya?

  1. Karakter Sanguinis

Anak dengan karakter ini biasanya sangat menonjol. Mereka memiliki kepribadian ceria, mudah bergaul dan energi. Di sisi lain, mereka juga pribadi yang mudah bosan dan sulit berkonsentrasi saat melakukan sesuatu. Sebagai orang tua, cobalah untuk melatih fokusnya sekaligus mengajarinya untuk berkomitmen.

  • Karakter Koleris

Jika dilihat sekilas, anak koleris mirip dengan anak yang berkarakter sanguinis. Mereka sama-sama penuh semangat dan suka melakukan hal-hal yang seru. Mereka juga tahu dengan pasti apa yang mereka inginkan. Bedanya, tipe koleris cenderung melakukannya sembarangan dan tidak sabaran. Ketika anak koleris sedang jengkel atau marah, cobalah untuk membiarkannya reda baru mengajaknya bicara.

  • Karakter Melankolis

Seperti anak-anak koleris, tipe melankolis juga memahami keinginan pribadinya dan berusaha untuk mendapatkannya. Kadang, mereka tampak keras kepala. Di sisi lain, mereka penuh perhitungan dan jarang melakukan hal-hal yang sifatnya sembrono. Jenis karakter anak melankolis juga biasanya tidak suka akan sesuatu yang tak terduga dan tidak berjalan sesuai dengan rencananya. Yang harus Anda lakukan sebagai orang tua adalah setia mendengar keluh kesahnya saat dia sedang kecewa.

  • Karakter Plegmatis

Jika si kecil memiliki karakter plegmatis, dia akan dianggap pemalu dan kadang terkesan membosankan. Padahal ini karena mereka itu tenang, penuh perhatian dan tidak suka tergesa-gesa. Ketika mereka sudah menemukan motivasinya melakukan sesuatu, dia akan melakukannya dengan maksimal. Sebagai orang tua, Anda harus banyak bersabar dan menunggu sampai si kecil benar-benar siap.

Apapun jenis karakter anak Anda, memberikan dukungan terbaik padanya di sekolah adalah hal penting. Salah satunya dengan memberikan materi pembelajaran interaktif terbaik dengan mendaftarkan diri ke Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?