5 Teknologi Masa Depan untuk Memajukan Pendidikan di Sekolah

Teknologi berkembang semakin pesat. Tidak terkecuali di bidang pendidikan. Apa saja teknologi canggih di sekolah yang bisa segera kita gunakan?

Teknologi yang berkembang pesat juga turut memberi dampak pada dunia pendidikan. Berbagai hal baru mulai bermunculan untuk membantu kemudahan proses belajar mengajar. Apa saja teknologi canggih di sekolah yang akan segera menjadi mainstream dalam waktu dekat?

  1. E-learning

Pembelajaran berbasis elektronik atau e-learning memang sudah mulai dikenal sejak beberapa tahun lalu. Namun belakangan, teknologi semakin gencar disosialisasikan di sekolah-sekolah. Dengan e-learning, siswa yang berada jauh dari gurunya pun tetap bisa mengikuti pembelajaran secara online.

  • Media Penyimpanan Materi Berbasis Cloud

Sistem penyimpanan berbasis cloud atau awan tidak hanya digunakan di perusahaan-perusahaan. Banyak sekolah mulai mengintegrasikan penyimpanan data mulai dari tugas dan materi pembelajaran lewat sistem ini. Selain bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja, penyimpanan cloud mencegah data hilang akibat kerusakan perangkat.

  • Mobile Learning

Jika metode konvensional mobile learning yang kita kenal hanya dengan berpindah dari ruang kelas ke kelas lain atau ke lapangan, teknologi membawa kita melangkah lebih jauh. Guru bisa mengajak anak didik untuk menjelajahi tempat-tempat baru, baik secara fisik atau dengan memanfaatkan teknologi video call seperti Skype.

  • Penggunaan VR untuk Pembelajaran

Teknologi Virtual Reality saat ini memang paling ramai digunakan untuk bermain games. Tapi tidak ada yang menampik bahwa VR bisa jadi salah satu teknologi canggih di sekolah. Bayangkan saja mengajarkan sejarah dengan ‘membawa’ anak didik ke tempat yang ingin dipelajari. Selain lebih menyenangkan, mereka akan lebih mudah memahami materi.

  • Guru Robot

Meski implementasinya di Indonesia mungkin masih jauh, tapi sekarang penggunaan robot untuk menggantikan guru sudah mulai diterapkan di beberapa negara maju. Korea Selatan dan Jepang misalnya, dua negara ini sudah mulai menempatkan robot untuk memberikan materi pelajaran kepada siswa di sekolah.

Meski belum bisa merasakan semua teknologi canggih di sekolah ini, tapi kita bisa membuat kemajuan proses belajar dengan menggunakan media interaktif yang menarik. Salah satu sumbernya, bisa Anda dapatkan di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?