Perlunya Belajar Perubahan Rupa Bumi untuk Anak SD

Rupa bumi terus berubah dari waktu ke waktu. Penyebabnya beragam. Perubahan rupa bumi dapat disebabkan oleh angin, hujan, gelombang air laut, matahari, dan bulan. Beberapa penyebab perubahan lain adalah erosi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, abrasi, letusan gunung berapi, dan pergeseran lempengan bumi.

Berikut adalah beberapa jenis perubahan rupa bumi:

  1. Erosi

Erosi merupakan pengikisan yang terjadi pada permukaan bumi. Erosi dapat terjadi karena es, angin, air mengalir, dan gelombang laut. Ada beberapa jenis erosi, yaitu ablasi, deflasi, korasi, abrasi, eksarasi

Air yang mengalir di tepi atau dasar sungai juga dapat menyebabkan perubahan rupa bumi. Perubahan ini disebut delta yaitu daratan yang terbentuk karena tanah atau lumpur yang mengendap.

Cara untuk mencegah erosi adalah dengan membuat terasering atau sengkedan, membuat tanggul, mengganti jenis tanaman, dan melakukan reboisasi.

  1. Pergeseran lempengan tanah

Pergeseran lempengan tanah yang terjadi di dalam bumi dapat menyebabkan gempa. Hal ini akan memengaruhi bentuk permukaan bumi secara sebagian. Gempa akibat pergeseran lempengan ini disebut dengan gempa tektonik.

  1. Tanah longsor

Perubahan rupa bumi juga dapat disebabkan oleh tanah longsor. Ini merupakan peristiwa bergeraknya batu-batuan atau tanah melewati permukaan yang miring. Longsor biasanya terjadi pada tanah yang gundul. Penyebabnya adalah keadaan tanah yang tidak kuat, tidak ada tumbuhan, erosi karena air, dan gempa bumi.

Mengapa Perlu Belajar Perubahan Rupa Bumi

Mempelajari berbagai jenis perubahan rupa bumi dan sebab-sebabnya sangat penting. Khusus untuk anak SD (Sekolah Dasar) informasi mengenai hal ini dapat menjadi tambahan pengetahuan. Selain itu, anak juga akan belajar mengenali tanda-tanda apabila terjadi perubahan yang dapat membahayakan keselamatannya.

Jika terjadi gempa, misalnya, anak mengetahui apa hal pertama yang harus dilakukannya. Begitu pula jika terjadi perubahan rupa bumi karena tanah longsor, anak mengenali tanda-tanda dan bahayanya. Dengan demikian, anak dapat menjaga dirinya dengan lebih baik, terutama jika sedang tidak berada di sekitar orangtua.

Nah, demikian ulasan mengenai perubahan rupa bumi yang bermanfaat untuk anak SD. Supaya dapat mengajarkan hal ini dengan mudah kepada anak, orangtua dapat memanfaatkan aplikasi web di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?