Anak Kelas TK-B Bisa Belajar dengan 5 Kegiatan Seru Ini

Tahap sebelum memasuki jenjang pendidikan SD (Sekolah Dasar) adalah TK B. Usia anak yang mulai bisa belajar di TK B adalah 5-6 tahun. Berbeda dengan tingkat TK A, siswa TK B bisa mempelajari lebih banyak aktivitas dan mengenal lebih banyak pengetahuan menarik.

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran anak usia TK B di rumah, orangtua perlu memiliki strategi khusus. Setidaknya, ada 5 bentuk kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

1. Belajar Menghitung

Jangan samakan pelajaran menghitung ala anak TK B dengan tingkat di atasnya. Pelajaran menghitung yang dimaksud berbentuk sangat sederhana. Dengan memanfaatkan animasi dari bentuk-bentuk yang dikenal anak, pelajaran ini dapat berlangsung lebih menyenangkan.

Anak juga dapat belajar menghitung benda-benda nyata yang ada di sekitarnya. Ajarkanlah terlebih dahulu sebelum anak menirukan. Selanjutnya, biarkan anak untuk mengulanginya sendiri.

2. Belajar Mencari Perbedaan

Aktivitas ini tentu sangat menyenangkan karena anak akan tertantang. Untuk itu, Anda bisa menggunakan foto keluarga yang dibuat berbeda pada bagian tertentu. Kegiatan mencari perbedaan akan memancing minat anak dan melatih kejeliannya.

Pada saat mempersiapkan permainan ini, usahakan untuk tidak menyisipkan perbedaan dalam ukuran yang terlalu kecil. Ini untuk menghindari anak merasa frustrasi karena gagal menemukan perbedaan. Bantulah anak supaya dapat menemukan perbedaan tersebut, lalu biarkan ia mencoba selanjutnya.

3. Menjodohkan Gambar

Aktivitas menarik lain yang bisa dikerjakan oleh anak TK B adalah menjodohkan gambar. Gunakanlah gambar-gambar yang familiar dengan anak supaya ia dapat lebih mudah untuk menjawabnya.

4. Bermain Puzzle

Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah bermain puzzle. Usahakan supaya tingkat kerumitan puzzle sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Gambar puzzle pun sebaiknya tentang orang yang dikenal anak. Jadi, ketika bentuk puzzle mulai tertata, rasa penasaran anak akan terpicu sehingga ia pun tidak menyerah untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

5. Mewarnai

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak Kelas TK B adalah mewarnai. Dengan mewarnai, seorang anak akan dapat belajar mengelola rasa dan emosinya sejak dini. Anak juga dapat mengambil keputusan dengan baik, salah satunya memutuskan jenis warna apa yang akan dipakai.

Untuk mempelajari hal-hal ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi web pembelajaran dari Primaindisoft. Dengan kemudahan akses melalui gadget, aktivitas bersama anak TK dapat lebih fleksibel. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?