Penuhi Nutrisi Anak Melalui 5 Jenis Ikan Bergizi Tinggi Berikut Ini

Kaya akan gizi, berikut 5 jenis ikan yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak

 

Hari Gizi Nasional Indonesia pada 28 Februari mendatang seolah menjadi pengingat akan pentingnya memenuhi asupan nutrisi demi kelangsungan hidup yang lebih sehat serta berkualitas. Berbicara mengenai asupan gizi, ikan menjadi salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut 5 jenis ikan bergizi tinggi yang bisa Bunda sajikan pada buah hati.

 

1. Salmon

Salmon menjadi salah satu jenis ikan bergizi tinggi yang cocok dikonsumsi oleh buah hati Anda. Menurut sejumlah penelitian, 100 gram ikan salmon mampu mengandung omega 3 hingga 2,018 mg. Omega 3 sendiri merupakan salah satu nutrisi penting bagi otak.  Adapun nutrisi lain yang terkandung dalam ikan salmon adalah protein, kalsium, vitamin B12, dan kalium.

 

 2. Tuna

Sama halnya dengan salmon, tuna merupakan jenis ikan laut yang dipercaya memiliki gizi tinggi. Faktanya, dalam 100 gram ikan tuna mampu mengandung protein sekitar 24-30 gram. Kandungan protein pada tuna ini pun dapat menjaga jaringan tubuh anak agar berfungsi dengan baik. Nutrisi lain yang terkandung dalam ikan tuna adalah selenium. Selenium berperan sebagai antioksidan sekaligus melindungi sel darah merah dari radikal bebas.

 

 3. Sarden

Di Indonesia, ikan sarden lebih dikenal sebagai ikan kaleng dengan cita rasa lezat. Tak hanya nikmat disantap, sarden ternyata merupakan ikan bergizi tinggi yang baik untuk kesehatan anak, lho. 100 gram ikan sarden mampu mengandung sekitar 25 g protein dan 505 g natrium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Ikan sarden juga menjadi sumber kalsium yang mampu mengurangi risiko osteoporosis pada anak.

 

 4. Bandeng

Siapa sangka bila ikan dengan banyak duri ini ternyata kaya akan nutrisi. Menurut ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Ahmad Sulaeman, menjelaskan bahwa dalam 100 gram bandeng memiliki kandungan protein sekitar 17,1 gram. Bandeng juga mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kercerdasan otak.

 

 5. Kembung

Ikan bergizi tinggi lainnya yang direkomendasikan untuk si kecil adalah ikan kembung. Menurut ahli gizi FKM UI, Dr. Ir. Diah M Utari, M.Kes, mengungkapkan bahwa ikan kembung memiliki protein dan omega 3 lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ikan kembung juga mengandung vitamin D, fosfor, dan  vitamin B12.

 

Wah, ternyata ke lima ikan bergizi tinggi di atas memberi banyak manfaat bukan? Oleh sebab itu, yuk, biasakan anak untuk mengonsumsi ikan agar kesehatan tubuh dan otak tetap terjaga. Meningkatkan kecerdasan anak juga bisa Bunda lakukan dengan mengarahkan si kecil untuk belajar mengenal makanan sehat dan bergizi secara asyik bersama Primaindisoft.com, lho.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?