Mengenal 4 Kebutuhan Gizi Anak Usia 4-6 Tahun

Apa saja kebutuhan gizi anak usia 4-6 tahun? Bunda, simak ulasannya berikut ini, yuk!

 

Bunda, pada masa pra sekolah atau TK, anak-anak cenderung banyak melakukan aktivitas fisik untuk berpetualangan mencari tahu kondisi sekitarnya. Oleh karena itu, rasa lapar pun bisa datang sewaktu-waktu. Untuk memenuhi kebutuhan energinya sepanjang hari, berikut 4 kebutuhan gizi pada anak usia 4-6 tahun yang bisa Bunda berikan.

1. Karbohidrat Kompleks

Alih-alih memberikan karbohidrat sederhana, alangkah lebih baiknya bila Bunda memilih karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, atau kentang. Apa yang membedakan ke duanya? Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak serat sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.  Karbohidrat kompleks bahkan dinilai menjadi salah satu kunci hidup sehat.

2. Kalsium

Yuk, penuhi kebutuhan gizi anak dengan menyediakan makanan sehat yang mengandung banyak kalsium.  Kalsium sendiri berfungsi untuk membangun gigi serta tulang yang kuat. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk membantu perkembangan fungsi otot dan saraf. Jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh anak usia 4-6 tahun yaitu sekitar 1000 mg per hari. Adapun sumber kalsium terbaik yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak antara lain susu, ikan salmon, kacang almond, dan jeruk.

3. Protein

Bukan hanya asupan kalsium yang perlu diperhatikan, Bunda juga harus memenuhi kebutuhan gizi anak lainnya seperti protein. Secara umum, anak berusia 4-6 tahun membutuhkan sekitar 35 gram protein per hari. Tapi sebenarnya, seberapa pentingkah kebutuhan protein untuk anak? Protein menjadi bekal utama bagi anak supaya dapat membangun, mempertahankan, dan mengganti jaringan tubuh yang rusak. Protein juga berperan dalam meningkatkan tinggi badan anak-anak bila asupannya dipenuhi. Sejumlah sumber protein yang bisa Bunda berikan pada si kecil di antaranya adalah ikan, daging, telur, dan gandum.

4. Sayur dan Buah

Terakhir, lengkapi kebutuhan nutrisi buah hati melalui sayur dan buah sebagai sumber vitamin. Selain kaya serat, banyak pula sayuran yang mengandung vitamin A dan C seperti brokoli, wortel, bayam, dan kangkung. Sebagai pelengkap, Bunda juga bisa memberikan asupan buah yang cukup. Sejumlah jenis buah yang mengandung vitamin A dan C antara lain adalah apel, pepaya, dan stroberi.

 

Oh iya, menjelang Hari Gizi Nasional Indonesia 28 Februari  mendatang, yuk, jauhkan anak dari junk food dan ganti dengan 4 nutrisi anak di atas. Nah, setelah tubuh mendapat asupan gizi yang cukup, sekarang saatnya Bunda melatih kemampuan berpikir si kecil bersama Primaindisoft.com, media belajar online yang menyediakan panduan belajar  yang jelas dan mudah dimengerti untuk TK A dan TK B.

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?