Penting! Ini 5 Skill yang Perlu Dikuasai sebelum Kuliah

Kamu mau kuliah tahun depan? Berikut ini 5 skill yang perlu dikuasai sebelum kuliah.

Saat memasuki dunia kuliah, kamu akan mengalami banyak perubahan. Mulai dari gaya hidup, cara belajar, sampai pergaulan. Karena itulah, kamu harus menguasai beberapa skill sebelum kuliah agar mudah beradaptasi dengan kehidupan di sana.

Sebagai acuan, berikut ini beberapa skill yang perlu dikuasai sebelum kuliah. Yuk, simak ulasannya.

  1. Manajemen Waktu

Salah satu tantangan kamu ketika kuliah adalah mengatur waktu antara kuliah formal, organisasi, dan mengikuti berbagai kegiatan kampus. Bisa dikatakan, kamu hanya memiliki sedikit waktu luang untuk bersantai.

Solusinya, buatlah jadwal kegiatan agar mampu menyeimbangkan kehidupan selama kuliah. Pastikan, kamu mengutamakan aktivitas akademik untuk mengasah hard skill. Namun, jangan tinggalkan organisasi supaya soft skill bisa dikuasai.

  • Kemampuan Interpersonal

Apakah kamu tidak memiliki banyak teman ketika SMA? Itu tandanya, kamu belum memiliki kemampuan interpersonal. Skill ini perlu dikuasai sebelum kuliah supaya lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan dosen maupun relasi baru.

  • Bekerja dengan Tim

Tahukah kamu, hampir seluruh tugas kuliah harus dikerjakan dengan tim? Mulai dari tugas di kelas, praktikum, sampai kegiatan organisasi. Prinsipnya, kesuksesan sebuah tim bergantung pada individu yang menjadi anggota.

Untuk mengasah kemampuan kerja sama dalam tim, kamu bisa awali dengan rajin mengerjakan tugas kelompok selama di SMA. Biasakan untuk menyelesaikan tugas yang sudah disepakati oleh semua anggota.

  • Mengoperasikan Perangkat Komputer

Selama SMA, tugas yang kamu kerjakan masih menggunakan tulisan manual. Sebaliknya, saat kuliah, tugas harus diselesaikan menggunakan komputer. Karena itu, kamu harus menguasai beberapa program dasar, seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point.

  • Membuat Catatan Efektif

Kamu jarang membuat catatan ketika SMA? Ketika duduk di bangku kuliah, catatan justru penting untuk kamu. Pasalnya, dosen tidak akan memberikan buku teks seperti waktu SMA.

Sebagai pengganti buku teks, biasanya dosen membuat slide presentasi—itu pun belum tentu dibagikan ke semua mahasiswa. Jadi, kamu harus kreatif dalam membuat catatan kuliah supaya mudah dipahami dan tidak membosankan.

Itulah lima skill yang perlu dikuasai sebelum kuliah. Supaya kamu bisa kuliah di perguruan tinggi favorit tanpa tes, cobalah meraih nilai tertinggi dalam rapor. Untuk meraih nilai tinggi, tentunya kamu perlu fitur belajar yang efektif, salah satunya dengan Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?