5 Hal yang Perlu Diperhatikan Guru Saat Beri Nilai Pada Siswa

Apa saja yang perlu dipertimbangkan saat hendak memberi nilai kepada siswa? Baca ulasan ini dan temukan solusi terbaik untuk masalah Anda.

Sebagai pengajar, Anda tentu pernah mencari ide atau tips memberi nilai kepada siswa. Seperti dikutip dari situs resmi University of Nebraska–Lincoln, pemberian nilai adalah sebuah upaya untuk mengukur kemajuan intelektual seorang siswa, yang dilakukan dengan standar dan kriteria yang objektif. Berdasarkan hal tersebut, inilah lima hal penting yang sebaiknya diperhatikan guru saat memberi nilai kepada siswa.

1. Susun kebijakan penilaian yang jadi patokan dalam pemberian nilai

Agar penilaian siswa tidak dipengaruhi oleh subjektivitas si penilai, maka perlu disusun standar yang tepat dalam pelaksanaannya. Pertama, cobalah untuk menetapkan prosedur evaluasi yang sesuai dengan kurikulum sekolah. Kedua, apabila Anda memiliki sebuah tim mengajar, ajak mereka untuk menyusun jenis metode evaluasi apa yang akan digunakan di kelas.

2. Pastikan bahwa siswa tahu kebijakan penilaian yang telah Anda susun

Sangat penting untuk membuat siswa tahu apa kebijakan penilaian yang dianut oleh guru mereka. Dengan begitu, siswa pun tahu apa yang perlu mereka lakukan untuk bisa meraih nilai maksimal di kelas. Pun, sebaiknya beri tahu siswa tentang apa saja kompetensi yang Anda harapkan mereka penuhi, serta bagaimana guru akan mengukur kemajuan siswa dalam prosesnya.

3. Siapkan catatan penilaian yang lengkap dan akurat

Sediakan sebuah catatan khusus untuk mengevaluasi kinerja setiap siswa sepanjang semester. Catatan semacam ini akan memudahkan Anda untuk mengevaluasi kembali nilai akhir siswa jika diperlukan. Selain itu, catatan khusus ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan nilai akhir siswa, terutama ketika dia tidak bisa merampungkan beberapa tugas yang diberikan di kelas.

4. Buat grafik distribusi nilai

Jika kelas yang Anda ajar memiliki siswa tidak lebih dari 20 orang, ada baiknya untuk membuat sebuah grafik distribusi nilai. Anda bisa membuatnya setiap memberikan kuis atau tugas. Dengan begitu, Anda bisa tahu sekilas bagaimana kinerja siswa di kelas.

5. Jadilah konsisten

Terakhir, jadilah konsisten dengan kebijakan yang sudah Anda susun. Hindari pengujian materi yang tidak sesuai dengan apa yang Anda ajarkan atau menggunakan metode penilaian selain yang dinyatakan dalam silabus.

Inilah lima tips memberi nilai kepada siswa yang sebaiknya Anda pertimbangkan. Yuk, temukan lebih banyak ulasan menarik seputar edukasi hanya di Primaindisoft!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?