5 Tips Membuat Catatan Pelajaran agar Semangat Belajar

Dengan menerapkan tips membuat catatan pelajaran berikut ini, kamu lebih mudah memahami materi di sekolah.

Kamu malas belajar karena catatan pelajaran yang membosankan? Hampir semua siswa merasakan hal sama seperti kamu. Padahal, dengan membiarkan hal itu terus terjadi, nilai rapormu bisa terancam merah.

Lalu, bagaimana cara membangkitkan semangat belajar melalui catatan pelajaran? Simak ulasan tips membuat catatan pelajaran berikut ini sebagai solusi.

  1. Gunakan Brush Pen untuk Menulis

Brush pen adalah spidol aneka warna yang memiliki ketebalan berbeda. Kamu bisa menggunakan brush pen untuk menulis di atas kertas binder berwarna putih. Jika ingin hasil lebih bagus, pakailah notebook tanpa garis. Dengan begitu, catatanmu tampak lebih kreatif.

  • Kreasikan Huruf dengan Teknik Handwriting dan Lettering

Apakah kamu pernah melihat font di Microsoft Word? Teknik handwriting dan lettering menggunakan huruf yang dikreasikan dalam bentuk serta ketebalan berbeda. Misalnya, untuk judul bab, tulisannya dibuat lebih besar dengan huruf tegak bersambung. Sementara bagian isi, memakai huruf seperti model Times New Roman, Arial, atau Cambria.

  • Buat Catatan dalam Bentuk Poin-Poin

Materi pelajaran yang ditulis secara lengkap biasanya lebih sulit diingat dan dipahami. Untuk itu, kamu harus menulis materi dalam bentuk poin. Jangan lupa, sisipkan kata kunci di setiap poin. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menjawab pertanyaan guru saat ujian.

  • Tambahkan Gambar atau Ilustrasi

Kamu suka menggambar? Coba sisipkan beberapa gambar kecil di setiap catatan pelajaran untuk menghilangkan kesan membosankan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan grafik atau diagram ilustrasi supaya lebih memahami teori pelajaran.

  • Pakai Kertas Aneka Warna

Jika belum menemukan brush pen yang tepat, siasati dengan menggunakan kertas aneka warna. Jenis kertas ini mudah ditemukan di toko alat tulis atau tempat fotokopi. Namun, ukuran kertasnya cukup besar. Jadi, kamu harus memotong sesuai ukuran buku.

Untuk warna tulisan, cukup gunakan hitam. Apabila ada hal urgen, kamu bisa memberikan garis bawah menggunakan spidol yang warnanya berbeda dengan kertas.

Bagaimana? Tips membuat catatan pelajaran di atas bisa membuat kamu semakin semangat, bukan? Selain menguasai teknik membuat catatan, temukan berbagai tips belajar lainnya hanya di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?