Penasaran dengan Museum-Museum Unik di Indonesia? Ini 5 di Antaranya

Tak hanya menyimpan sejarah, 5 museum unik di Indonesia berikut ini juga mampu membuat momen liburan makin asyik, lho.

 

Menghabiskan libur akhir pekan dengan berkunjung ke museum terkesan horor dan membosankan. Namun tidak demikian apabila Anda berkunjung ke sejumlah museum unik di Indonesia. Mulai dari museum bertema angkutan hingga museum kanker, berikut 5 museum unik yang bisa Anda kunjungi.

 

1. Museum Angkut, Malang

Dibuka sejak tahun 2014 silam, Museum Angkut seolah menambah daftar panjang deretan wisata menarik di Malang. Sebagian besar isi museum ini dihiasi oleh bermacam-macam transportasi darat, udara, dan laut dari zaman dulu hingga sekarang. Daya tarik lain dari Museum Angkut ialah keberadaan zona Italia, Gangster Town & Brodway Street, dan Bucking Palace yang terbilang fotogenik.

 

 2. Museum Tsunami, Banda Aceh

Untuk mengenang tragedi tsunami Aceh yang memilukan, dibangunlah sebuah museum yang dirancang oleh Ridwan Kamil. Memasuki bagian dalam museum, Anda akan menjumpai lorong gelap yang diapit oleh dua dinding air seolah menggambarkan kondisi mencekam kala tsunami menerjang. Selain itu, di museum ini Anda bisa melihat deretan nama korban di Sumur Doa, memorial hill—ruangan untuk mengakses informasi terkait tsunami Aceh, hingga tsunami exhibition room.

 

 3. Museum Kata Andrea Hirata, Pulau Belitung

Penikmat film Laskar Pelangi pasti sudah tak asing dengan nama Andrea Hirata. Di Pulau Belitung ada sebuah museum bernama Kata Andrea Hirata yang konon merupakan museum literatur pertama di Indonesia. Termasuk ke dalam jajaran museum unik di Indonesia, Kata Andrea Hirata dihiasi oleh cuplikan adegan film Laskar Pelangi, novel-novel karya Andrea Hirata, hingga sebuah kantor pos untuk pengunjung yang ingin mengirim pesan kepada orang tersayang melalui secarik kartu pos. Unik, ya.

 

 4. Museum Kanker, Surabaya

Berlokasi di Jl. Kayon Blok A No.16, Genteng, Surabaya, Museum Kanker menjadi sarana edukasi bagi pengunjung yang ingin mengetahui penyebab hingga gejala kanker melalui sejumlah jaringan kanker yang diawetkan. Ada kanker serviks, kanker mulut, hingga kanker paru-paru. Tak ada tiket masuk bagi Anda yang berkunjung ke sini. Anda hanya perlu mengisi buku pengunjung di pintu masuk.

 

 5. Museum Kolong Tangga, Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin mengenang masa kecil, silakan datang ke Museum Kolong Tangga yang ada di Yogyakarta. Museum unik di Indonesia ini menawarkan memori masa lalu melalui beragam mainan tradisional yang dipajang seperti boneka kayu, gasing dari berbagai daerah, dan buku-buku cerita lama.

 

Itu dia 5 museum unik di Indonesia yang wajib Anda kunjungi sekaligus menambah wawasan. Ngomong-ngomong soal menambah wawasan, Anda pun bisa mengunjungi museum virtual di Primaindisoft sebagai tempat belajar online yang asyik. Tersedia pula sejumlah artikel pada menu Blog yang bisa Anda baca untuk menambah wawasan.

Komentar