5 Pelajaran Berharga yang Akan Didapatkan Anak dengan Berkunjung ke Museum

Sudah pernah ajak anak ke museum? Museum bisa dijadikan tujuan wisata alternatif untuk memperkenalkan hal-hal bersejarah yang menarik untuk anak-anak.

 

Bagi sebagian orang, museum mungkin bukan tujuan wisata yang menarik. Namun, di museum, kita dapat melihat rekonstruksi peristiwa penting di masa lalu serta bukti terjadinya peristiwa tersebut. Anak-anak pun perlu dikenalkan pada sejarah agar dapat mengapresiasi perjalanan sebuah bangsa dalam membentuk peradaban. Dengan berkunjung ke museum, anak-anak setidaknya dapat memetik beberapa pelajaran menarik berikut ini:

1. Melihat kejadian dengan perspektif waktu

Anak-anak memiliki kemampuan terbatas dalam menafsirkan waktu, terlebih jika dikaitkan dengan sebuah peristiwa. Di museum, segala peristiwa bersejarah yang diabadikan di dalamnya diperkenalkan melalui ilustrasi, grafik, dan tahun kronologis yang dapat memberikan gambaran pada anak tentang masa kini dan masa lampau. Diharapkan, dengan mengunjungi museum, anak-anak dapat memiliki perspektif waktu yang lebih luas tentang berbagai peristiwa bersejarah.

2. Memperoleh gambaran visual mengenai peristiwa yang sebelumnya hanya diketahui melalui cerita

Di sekolah, guru kerap menceritakan peristiwa bersejarah seperti perjuangan meraih kemerdekaan. Anak-anak mungkin tidak dapat terkoneksi langsung dengan cerita tersebut, sebab mereka tidak memiliki informasi cukup mengenai peristiwa yang diceritakan. Ketika berkunjung ke museum, anak-anak dapat melihat langsung saksi bisu terjadinya peristiwa bersejarah sehingga dapat memiliki rasa keterikatan dan pemahaman yang luas.

3. Melatih imajinasi

Museum merupakan tempat yang sarat akan cerita. Anak-anak akan bertemu banyak benda dan hal menarik yang menjadi bagian dari peristiwa penting. Imajinasi anak akan “hidup” saat melihat langsung benda-benda yang ada dalam cerita bersejarah yang pernah mereka dengar. Mereka akan diajak untuk seakan-akan hadir menyaksikan terjadinya peristiwa bersejarah secara langsung.

4. Bersyukur atas keadaan

Melihat perjuangan anak-anak di masa lalu untuk bersekolah atau sekadar menjadi anak-anak, akan ada rasa syukur yang dapat dirasakan anak. Sebab, anak-anak masa kini tak harus belajar di tengah gempuran peperangan dan hal lainnya yang merenggut hak anak.

5. Melatih kemampuan interaksi dengan teman sebaya

Kunjungan ke museum bersama teman-teman sekolah dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi dan interaksi anak. Anak dapat saling bertanya dan mengobrol dengan teman-temannya. Bukan tidak mungkin, anak akan mendapatkan teman baru.

Itulah beberapa pelajaran berharga yang dapat dipetik dari kunjungan ke museum. Selain mengajak anak berkunjung ke museum, Anda pun bisa memanfaatkan video edukatif untuk memperkenalkan anak pada peristiwa-peristiwa bersejarah. Primaindisoft menyajikan beragam konten edukasi menarik seperti video dan gambar ilustrasi bertema sejarah yang akan mengajak anak seakan-akan tengah berkeliling museum. Yuk, ajak anak jalan-jalan melintasi waktu bersama Primaindisoft!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?