5 Aplikasi yang Bisa Dimanfaatkan Guru untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Ciptakan suasa belajar mengajar yang menyenangkan dengan 5 aplikasi pembelajaran di kelas berikut ini

 

Mengajar menjadi kewajiban utama seorang guru. Dalam prosesnya, tentu diperlukan sebuah sarana pembelajaran yang memadai supaya siswa mampu menerima materi dengan baik. Seiring berkembangnya teknologi, kini Anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi pembelajaran di kelas seperti berikut ini.

 

1. Buat Presentasi yang Menakjubkan dengan Emaze

 

 

Supaya presentasi tidak berjalan membosankan, Anda pasti membutuhkan bantuan aplikasi pembelajaran di kelas seperti Emaze. Menggunakan cloud sebagai media penyimpanan, Emaze akan membantu Anda untuk membuat tampilan presentasi yang menarik dalam hitungan menit saja. Kalau ingin membuat presentasi dalam bentuk video, Anda juga bisa melakukannya dengan Emaze.

 

 2. Manfaatkan Google Classroom untuk Mendistribusikan Tugas

 

 

Siapa yang tak kenal perusahaan IT yang satu ini. Kali ini Google hadir dengan Google Classroom sebagai sarana pendidikan yang membantu guru dan siswa untuk saling mengoordinasi tugas, menumbuhkan komunikasi yang lebih baik, serta meningkatkan kolaborasi. Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan ialah Integrasi Google Calendar yang memungkinkan Anda untuk menambahkan tanggal jatuh tempo pengumpulan tugas ke kalender kelas Anda dan siswa akan mendapatkan pemberitahuan otomatis. Pelajari tools kelas digital di  Primaindisoft: Mengajar dengan Kelas Digital.

 

 3. Gunakan Storyboard That untuk Menjelaskan Mata Pelajaran yang Rumit

 

 

Bagi sebagian siswa, mata pelajaran yang berbasis hitung-hitungan seperti matematika, fisika, dan kimia adalah hal yang sulit. Nah, supaya siswa lebih memahami apa yang Anda jelaskan, Anda bisa menyampaikan materi tersebut melalui pendekatan visual menggunakan Storyboard That. Aplikasi ini dirancang khusus agar Anda bisa membuat storyboard layaknya komik sebagai media pembelajaran yang kreatif.

 

4. Jalin Kerja Sama dengan Para Orang Tua Murid dengan Edmodo

 

 

Hampir sama dengan Google Classroom, Edmodo hadir sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua murid. Dengan Edmodo, Anda bisa membuat grup kelas secara online, memberikan pekerjaan rumah, serta mengumumkan jadwal kuis. Edmodo pun menyediakan berbagai konten pendidikan terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai bahan ajar. Inilah alasan mengapa Edmodo menjadi salah satu aplikasi pembelajaran di kelas yang dapat diandalkan.

 

 5. Primaindisoft sebagai Solusi Belajar yang Lengkap

 

 

Primaindisoft merupakan situs belajar online yang menyediakan berbagai macam materi-materi pelajaran yang up to date. Sebagai pengajar, Anda bisa menggunakan Primaindisoft sebagai sumber acuan terkait materi pengetahuan dan bahan kuis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kalau ingin mendapatkan akses penuh ke semua konten, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai membership Primaindisoft.

 

Itulah 5 aplikasi pembelajaran di kelas yang bisa Anda coba. Silakan dipraktikkan dan semoga ke lima aplikasi tersebut mampu meningkatkan kualitas mengajar Anda. Selamat mencoba!

Komentar