Apa yang Istimewa dari Gerhana Bulan 28 Juli 2018

 

Pasti kamu sudah dengar dong… Pada tanggal 28 Juli 2018 akan terjadi fenomena yang cukup menarik di Indonesia, yaitu gerhana bulan total. Banyak orang sudah mempersiapkan diri untuk menonton fenomena menarik ini. Yuk, simak apa saja yang istimewa dari gerhana bulan kali ini.

 

1. Terlama di abad ini

Gerhana bulan tanggal 28 Juli ini akan menjadi gerhana bulan terlama sepanjang Abad 21. Gerhana bulan ini  akan berlangsung selama 1 jam 43 menit. Durasi yang lama ini disebabkan karena bulan akan melintasi bagian tengah bayangan umbra bumi. Proses gerhana akan terjadi menjelang tengah malam.

 

2. Bulan berwarna merah

Selain menjadi yang terlama, gerhana bulan ini akan mengakibatkan terjadinya fenomena “Blood Moon” dimana bulan akan tampak berwarna merah. Perlahan-lahan kita akan

melihat bulan menjadi lebih gelap dengan semburat warna merah kecoklat-

Coklatan. Warna merah pada bulan selama gerhana diakibatkan oleh Pembiasan

Cahaya Matahari oleh atmosfer bumi.

 

3. Dapat dilihat dengan mata telanjang

Pada gerhana bulan kali, tidak dibutuhkan alat bantu untuk melihatnya. Dengan mata saja kita sudah bisa menikmati fenomena ini. Namun, jika menggunakan teleskop, tentu pengamatan akan lebih baik. Disarankan, kalian mengamati fenomena ini di lokasi yang memiliki pandangan ke arah barat yang luas.

 

Buka tautan berikut ini kalau kamu ingin lebih tahu tentang proses terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan. Kamu juga bisa membaca tentang gerhana bulan lainnya yang terjadi di tahun 2018.

 

Nah, sudah siap untuk melihat fenomena gerhana bulan total akhir Juli nanti? Pastikan kamu juga sudah belajar cara memotret gerhana bulan dengan kamera ponsel melalui artikel menarik ini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?