Mengenalkan Perkembangan Teknologi Handphone Kepada Anak

Bagi para kids zaman now, handphone merupakan barang yang bisa mereka jumpai sehari-hari. Keberadaan handphone memberi kemudahan dalam berkomunikasi jarak jauh. Di waktu yang sama, handphone yang canggih juga dapat dipakai sebagai sarana permainan, pembelajaran, atau bahkan membantu pekerjaan.

Namun, kalau anak ditanya mengenai bagaimana proses terbentuknya handphone canggih yang kini bisa dijumpai, bisa jadi mereka bakal menggelengkan kepala. Pengetahuan mengenai perkembangan teknologi handphone menjadi informasi yang penting bagi perkembangan anak. Pengetahuan tersebut, bisa menjadi pemicu untuk meningkatkan rasa keingintahuan si kecil.

Bentuk dan Fungsi Handphone di Masa Lalu

Sebagai langkah awal, orang tua bisa menceritakan mengenai bentuk serta fungsi terbatas yang ada pada ponsel di zaman dulu. Keberadaan telepon genggam di masa lalu sangat jauh berbeda dibandingkan ponsel zaman sekarang. Perbedaan mencolok bisa Anda ceritakan terlihat pada bentuk serta fitur yang dimiliki.

Ponsel pertama dunia, tercatat dikeluarkan oleh Motorola pada tahun 1973. Ponsel tersebut berukuran jauh lebih besar dibandingkan smartphone di era saat ini. Bayangkan saja, ponsel itu memiliki bobot mencapai 2 kg. Ponsel ini hanya bisa dipakai untuk melakukan panggilan suara menggunakan teknologi jaringan 1G yang begitu canggih pada masanya.

Perkembangan teknologi handphone diiringi dengan peningkatan kualitas jaringan telepon. Pada 1991, muncul jaringan 2G yang memungkinkan pengguna ponsel untuk bisa saling berkirim pesan singkat. Selanjutnya, pada 2001, teknologi handphone kian canggih dengan munculnya jaringan 3G yang memungkinkan pengguna ponsel untuk memperoleh akses internet dengan kecepatan tinggi.

Ukuran handphone pun jauh lebih kecil dibandingkan ponsel yang muncul pertama kali. Fungsinya juga jadi lebih banyak. Fungsi tersebut kian maksimal seiring dengan munculnya jaringan 4G yang menjanjikan akses internet lebih cepat dibandingkan 3G pada 2009.

Kemunculan teknologi 4G ini juga menjadi awal mula kehadiran smartphone dengan segala kecanggihan di dalamnya. Keberadaan smartphone pun jauh meninggalkan eksistensi feature phone yang punya fitur terbatas hanya untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan suara. Ukuran smartphone pun bisa dijumpai dalam beragam bentuk, mulai dari yang tipis hingga handphone dengan layar besar yang nyaman untuk menonton video.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?