Ini Fakta Tentang Hari Perdamaian Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Pernah mendengar Hari Perdamaian Dunia? Hari ini diperingati setiap tanggal 21 September dan didedikasikan untuk perdamaian dunia.

Perayaan Hari Perdamaian mulai diperkenalkan pada masyarakat pada Tahun 1967 oleh Paus Paulus, dan pertama kali dirayakan oleh umat Katolik pada tanggal 1 Januari 1968.  Tetapi belakangan, hari tersebut berkembang menjadi salah satu hari yang didedikasikan untuk perdamaian dunia secara global. PBB sendiri menetapkan Hari Perdamaian Dunia (World Peace Day) untuk diperingati setiap tanggal 21 September.

Nah, bagi Anda yang belum terlalu mengenal tentang Hari Perdamaian Dunia, tidak ada salahnya untuk mengatahui beberapa fakta seru tentang hari peringatan internasional ini, yaitu:

  1. Peringatan pertama Hari Perdamaian Dunia yang digagas PBB diselenggarakan pada tanggal 21 September 1982.
  2. Pada pembukaan hari pertama peringatan, lonceng perdamaian PBB yang terbuat dari sumbangan koin anak-anak seluruh benua selain Afrika dibunyikan sebagai simbol perdamaian.
  3. Lonceng perdamaian PBB merupakan sumbangan dari Jepang. Pada salah satu sisi lonceng terdapat tulisan “Long Live Absolute World Peace” (Panjang umur perdamaian dunia sepenuhnya).
  4. Pada peringatan tahun 1991, pembukaan Hari Perdamaian diisi dengan pembacaan Legenda Burung Bangau Kertas yang ditulis berdasarkan kisah Sadako Sasaki, salah satu korban bom atom Hiroshima. Pada saat dirawat di rumah sakit akibat leukimia yang merupakan dampak bom atom, Sadako membuat 1.000 lipatan berbentuk burung bangau bersama teman sekamarnya. Sadako sendiri meninggal pada tanggal 25 Oktober 1955, tepatnya saat berumur 12 tahun.
  5. Pada resolusi nomor 55/282 Tahun 1991, PBB memutuskan bahwa tanggal 21 September bukan hanya Hari Perdamaian, tetapi juga Hari Tanpa Kekerasan dan Gencatan Senjata.

Itulah beberapa fakta tentang Hari Perdamaian Dunia yang mungkin tidak banyak diketahui orang, Untuk mengetahui fakta tentang hari-hari bersejarah lainnya, Anda bisa mengakses situs media pembelajaran online Primaindisoft. Karena di situs ini, terdapat berbagai kuis dan trivia seru yang dapat menambah pengetahuan kita.

Tidak hanya itu, Primaindisoft juga dilengkapi dengan konten dan aplikasi edukatif yang sesuai dengan Kurikulum 2013 mulai dari tingkat TK hingga SMA. Menarik bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang Hari Perdamaian Dunia. Salam damai.

Komentar