Mengajarkan Peran PMI Kepada Anak di Hari Palang Merah Indonesia, Yuk!

Hari Palang Merah Indonesia yang jatuh setiap tanggal 8 Mei jadi momen belajar yang menarik untuk anak. Pada hari tersebut, orang tua bisa mengajarkan anak tentang tugas mulia yang dijalankan oleh PMI setiap harinya. Dengan pengetahuan tersebut, anak bisa belajar banyak hal, termasuk mengenai sikap saling berbagi dan tolong-menolong.

Mengajarkan Anak Tentang Pentingnya Kebiasaan Mendonorkan Darah

Salah satu cara untuk bisa mengajarkan anak terkait peran PMI dalam dunia kemanusiaan adalah dengan mengajak mereka berdonor darah. Pada perayaan Hari Palang Merah Indonesia, Anda akan mendapati kegiatan donor darah yang dilakukan di berbagai tempat. Kalaupun tidak ada, donor darah juga bisa dilakukan dengan datang secara langsung ke kantor PMI terdekat.

Hal yang sering terjadi, anak bakal takut melihat jarum berukuran besar yang bakal ditusukkan ke lengan. Namun, pastikan kepada anak bahwa suntikan jarum tersebut tidak akan terasa sakit. Selain itu, donor darah juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Peran penting terhadap kesehatan tersebut di antaranya adalah, sebagai sarana untuk mendeteksi penyakit, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, serta kesempatan memperoleh cek kesehatan gratis.

Di waktu yang sama, mengajak anak donor darah di PMI juga memberi pengetahuan kepada si kecil mengenai pentingnya kantong darah bagi orang yang membutuhkan. Setiap tahunnya, PMI membutuhkan jutaan kantong darah yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh pasien di rumah sakit. Apalagi, PMI dalam tugasnya, juga tidak pernah membeda-bedakan orang yang bakal mereka tolong, baik orang kaya, miskin, pejabat, dan bahkan penjahat.

Dengan memperoleh pengetahuan terkait peran PMI dalam aktivitas kemanusiaan tersebut, anak bakal memperoleh pelajaran berharga dalam hidupnya. Apalagi, Anda sebagai orang tua memberi contoh secara nyata melalui aktivitas donor darah. Dengan begitu, anak bakal mengikuti jejak orang tuanya untuk memulai kebiasaan mendonorkan darah.

Itulah manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika mereka memperoleh pengetahuan tentang pentingnya peran PMI bagi dunia kemanusiaan. Semoga bermanfaat, ya.

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?