Mengenali Jenis-Jenis Otot dan Fungsinya dalam Tubuh Manusia

Otot menjadi bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia. Keberadaannya, memungkinkan manusia untuk bisa melakukan beragam jenis gerakan, termasuk di antaranya adalah makan, minum, berlari, ataupun mengambil barang dengan tangan. Namun, tahukah kamu bahwa otot yang ada di dalam tubuh manusia memiliki 3 jenis dengan fungsinya masing-masing?

Jenis dan Fungsi Otot Pada Tubuh Manusia

Berdasarkan jenisnya, kamu bisa mendapati ada 3 tipe otot yang bisa ditemukan dalam tubuh manusia, yaitu

1. Otot polos

Otot polos memiliki bentuk seperti gelendong yang memanjang dengan ujung yang runcing. Otot ini memiliki satu inti sel yang berada di bagian tengah. Otot polos merupakan otot yang dikenal yang bekerja secara tidak sadar.

Otot ini bisa dijumpai pada beragam bagian tubuh bagian dalam, termasuk di antaranya adalah kerongkongan, saluran pernapasan, perut, serta dinding pembuluh darah. Pergerakan dari otot polos dilakukan berdasarkan adanya impuls. Selain itu, otot polos juga mampu bekerja secara terus-menerus tanpa lelah

2. Otot rangka

Otot rangka adalah jenis otot yang bisa dijumpai melekat pada tulang. Otot yang juga disebut dengan nama otot lurik ini memiliki bentuk memanjang dan silindris dengan ujung serabut. Selain itu, inti dari sel otot ini juga lokasinya berbeda dengan otot polos, yakni berada di tepi. Otot rangka juga punya kemampuan kontraksi yang cepat. Hanya saja, jenis otot ini gampang lelah.

3. Otot jantung

Jenis otot terakhir yang ada dalam tubuh manusia adalah otot jantung. Sesuai dengan namanya, otot ini bisa dijumpai di jantung. Bisa dibilang,otot ini merupakan perpaduan antara otot rangka dengan otot polos, dengan bentuk memanjang, silindris, dengan jumlah inti sel yang banyak dan berada di tengah. Otot jantung juga bekerja secara otomatis seperti halnya otot polos dan tidak mudah lelah.

Itulah pengetahuan yang bisa kamu dapatkan mengenai jenis-jenis otot dan fungsinya yang berada dalam tubuh manusia. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?