Kenapa Burung Tak Tersengat Listrik Saat Hinggap di Kabel PLN?

Tersengat listrik jadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi siapapun, termasuk kamu, kan? Namun, kamu bisa belajar untuk terhindar dari pengalaman tak mengenakkan tersebut dengan melihat seekor burung yang bisa hinggap dengan aman di atas kabel PLN. Anehnya, burung tersebut bisa berdiri nyaman di atas kabel tanpa tersengat. Kok bisa, ya?

Jika ingin belajar tentang materi kelistrikan, salah satunya adalah Rangkaian Listrik Sebagai Sistem Logika, juga materi kelas 9 SMP dengan tema Kelistrikan Dan Teknologi Listrik Di Lingkungan, berguna untuk mengingat kembali pelajaran SMP.

Sejatinya, ketika kamu melihat fenomena burung yang bisa hinggap dengan nyaman di atas kabel listrik tanpa tersengat merupakan peristiwa yang sangat normal. Bahkan, kalau mau, kamu juga bisa meniru perilaku burung sehingga aman dari sengatan listrik. Ingin tahu, kan?

Prinsip Dasar Terjadinya Aliran Listrik

Untuk mengetahui kenapa burung yang hinggap di atas kabel listrik tak tersengat, kamu terlebih dulu harus mengetahui prinsip dasar dari adanya aliran listrik. Seperti halnya aliran air, listrik mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan yang rendah. Kondisi ini tidak terpenuhi ketika seekor burung hinggap di atas permukaan sebuah kabel listrik.

Namun, kondisi berbeda bakal terjadi ketika burung tersebut menginjakkan kakinya di 2 kabel listrik. Bisa dipastikan, burung tersebut bakal tersengat, terpanggang sampai hangus, dan mati. Hanya saja, kondisi ini sulit terjadi, karena petugas PLN kerap memasang kabel dengan jarak berjauhan satu sama lain.

Kamu bisa mendapatkan pelajaran agar tak tersengat listrik dari burung tersebut. Caranya adalah, dengan menghindarkan diri dari adanya perbedaan tegangan saat memegang kabel listrik. Caranya, kamu hanya memegang salah satu kabel dan di waktu yang sama, tidak menginjak tanah secara langsung.

Hal seperti inilah yang kerap dilakukan oleh para petugas PLN ketika menjalankan tugasnya. Ketika memegang kabel listrik, mereka senantiasa membekali diri dengan sepatu boots yang terbuat dari bahan isolator atau bahan yang tak menghantarkan listrik seperti karet. Dengan begitu, aliran listrik dari tegangan tinggi ke tegangan lebih rendah, dalam kasus ini adalah tanah atau ground, tidak terjadi.  Alhasil, petugas PLN pun tidak khawatir tersengat listrik. Su

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?