Mengenal Penggunaan QR Code dan Perbedaannya dengan Barcode

Sering bertransaksi menggunakan QR code? Yuk, simak penjelasan mengenai QR code, cara penggunaannya, serta perbedaannya dengan barcode.

Penggunaan QR code di Indonesia sudah lazim. QR code sering digunakan saat akan bertransaksi menggunakan uang digital untuk pembayaran. Anda akan diminta menunjukkan QR code yang dimiliki. Apakah Anda tahu apa itu QR code, kecanggihan QR code, cara penggunaan QR code, serta perbedaannya dengan barcode?

Definisi QR Code

Quick Response code (QR) atau kode QR merupakan kode batang 2 dimensi yang bisa menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula sebagai imbal baliknya. Kode ini juga mengandung kode matriks: data informasi, pola waktu, dan nomor versi  yang dapat menyimpan data dan informasi secara horizontal dan vertikal.

Kecanggihan QR Code dan Cara Penggunaannya

Seiring dengan meningkatnya transaksi via uang digital, penggunaan QR code juga semakin sering dilakukan. Kecanggihan QR code ini memudahkan Anda untuk melakukan transaksi karena memiliki kecepatan dalam merespons informasi dan menyimpan data. Untuk menggunakan QR code saat bertransaksi cukup mudah. Berikut ini adalah cara-caranya.

  1. Aktifkan fitur pemindai QR code di ponsel pintar.
  2. Arahkan kamera ponsel ke QR code yang dituju.
  3. Pastikan posisi fitur pemindai berada tepat di QR code agar dapat dibaca.
  4. Tunggu hingga kode selesai dipindai.

Perbedaan QR Code dan Barcode

QR code dan barcode memiliki banyak perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan QR code dan barcode.

  • QR code biasanya digunakan untuk data yang berkapasitas besar, sedangkan barcode digunakan untuk data yang berkapasitas lebih kecil.
  • QR code memiliki bentuk persegi empat dengan tiga kotak kecil berwarna hitam di masing-masing kotak, sedangkan barcode bentuknya berupa garis-garis berjajar mirip seperti batang.
  • QR code menggunakan ponsel pintar, komputer, dan laptop untuk membaca kode, sedangkan barcode menggunakan alat scan khusus yang dihubungkan dengan sistem komputer.

Demikianlah informasi tentang QR code, kecanggihan QR code, cara penggunaan QR code, serta perbedaannya dengan barcode. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi penting lainnya dengan menjadi anggota di Primaindisoft. Dengan bergabung di Primaindisoft, Anda bisa dengan mudah mengakses materi pengetahuan lainnya dengan cepat.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?