Mengenal Dan Menerapkan Metode Blended Learning di Sekolah

Ingin mengenal metode pembelajaran blended learning dan cara penerapannya di sekolah lebih detail? Yuk, disimak!

Berbagai macam metode pembelajaran dikembangkan dan diterapkan agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Salah satunya adalah metode pembelajaran blended learning. Ingin tahu apa itu blended learning dan cara penerapannya?

Blended Learning Definisi

Apa itu blended learning? Blended learning definisi adalah metode pembelajaran yang mengombinasikan pertemuan tatap muka dengan kelas virtual atau daring (online). Metode ini juga menggunakan berbagai media dalam cara penyampaian, gaya pembelajaran, dan model pengajaran. Melalui media ini, Anda bisa memfasilitasi peserta didik untuk bisa belajar di dalam kelas konvensional maupun kelas daring.  

Blended Learning Modul

Untuk menggunakan metode blended learning dalam pembelajaran, Anda harus membuat blended learning modul. Modul ini mencakup materi pembelajaran saat di kelas konvensional maupun kelas daring. Modul yang dibuat harus bisa diakses di mana saja dan kapan saja secara online melalui situs web maupun ponsel pintar, dan secara offline dalam bentuk CD dan modul cetak. Saat membuat modul—terutama yang hendak digunakan di kelas virtual, Anda harus memasukkan multimedia, seperti teks, suara, gambar, animasi, dan video. 

Blended Learning Project Plan

Kesulitan membuat blended learning project plan? Ikutilangkah-langkah kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan daring.

  1. Lakukan analisis

Dalam merencanakan kegiatan blended learning, mulailah dengan menganalisis karakteristik peserta didik, materi, dan langkah-langkah yang akan dilakukan saat pembelajaran tatap muka dan daring.

  • Buatlah rancangan model blended learning

Tahap ini lebih kepada membuat rencana pembelajaran, sistem sosial antara guru dan peserta didik, gambaran reaksi cara guru mengajar dan respons terhadap peserta didik, sistem pendukung untuk memaksimalkan pelaksanaan blended learning, serta evaluasi hasil belajar.

  • Merancang materi pembelajaran

Langkah selanjutnya adalah merancang materi pembelajaran. Saat merancang materi, konten harus berisi tentang profil guru, deskripsi mata pelajaran, capaian pembelajaran, cara belajar, penilaian, dan sumber atau referensi materi.

  • Panduan blended learning untuk guru dan peserta didik

Dalam panduan ini, Anda bisa membuat penjelasan peran guru dalam merespons peserta didik, dan peran peserta didik dalam melaksanakan kewajiban dan tugas pembelajaran.

Inilah penjelasan mengenai apa itu blended learning dan penerapannya di sekolah. Jika Anda kesulitan membuat atau mencari materi untuk modul online, Anda bisa bergabung di Primaindisoft. Di situs belajar online ini Anda bisa mengakses berbagai materi yang Anda butuhkan.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?