Tertarik untuk Homeschooling? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Tertarik mencoba metode pendidikan homeschooling untuk si buah hati? Simak dulu kelebihan dan kekurangannya.

Banyak orang tua yang masih belum memahami konsep homeschooling. Apakah Bunda tertarik untuk menggunakansistem pendidikan homeschooling untuk si buah hati? Sebelum memutuskan, ada baiknya Bunda menyimak dulu kelebihan dan kekurangan homeschooling ini.

Homeschooling

Homeschooling adalah sistem pendidikan yang menyediakan layanan pembelajaran secara terencana dan sadar, dilakukan oleh orang tua di rumah atau tempat yang memiliki suasana nyaman dan kondusif.

Kelebihan Homeschooling

Ada banyak kelebihan menggunakan sistem pendidikan homeschooling untuk si kecil. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan homeschooling.

  1. Menentukan cara belajar dan topik

Kelebihan homeschooling yang pertama adalah Bunda bisa menentukan materi dan cara belajar si kecil sesuai dengan kemampuan, gaya belajar, serta minatnya. Tujuannya agar si kecil bisa mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

  • Memantau perkembangan belajar

Kelebihan lain sistem pendidikan homeschooling adalah Bunda bisa memperhatikan perkembangan belajar serta pergaulan si kecil. Dengan demikian, si kecil bisa belajar dengan baik dan terhindar dari pergaulan yang jelek di masa tumbuh kembangnya.

  • Menentukan jadwal belajar

Dengan menggunakan sistem homeschooling, Bunda bisa menentukan jadwal belajar untuk si kecil. Dengan demikian, si kecil akan memiliki waktu untuk bermain dan beristirahat.

Kekurangan Homeschooling

Selain kelebihan-kelebihannya, sistem pendidikan homeschooling juga memiliki berbagai kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan homeschooling.

  1. Memiliki kehidupan sosial yang terbatas

Tidak bisa dimungkiri, sistem pendidikan homeschooling juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah si kecil akan memiliki kehidupan sosial yang terbatas. Ia akan kurang berinteraksi dengan teman sebayanya.

  • Memiliki daya saing yang terbatas

Salah satu kekurangan yang akan Bunda hadapi dalam metode homeschooling adalah kurangnya daya saing si kecil untuk berkompetisi dan berprestasi. Hal ini disebabkan karena tidak adanya teman sebaya untuk bersaing dalam belajar.

  • Memiliki standarisasi kurikulum yang belum jelas

Tidak seperti sistem pendidikan formal di sekolah, homeschooling curriculummemiliki standarisasi yang belum jelas sehingga si kecil harus mengikuti ujian kesetaraan yang diadakan oleh pemerintah saat ujian nasional.

Itulah kelebihan dan kekurangan homeschooling yang Bunda perlu ketahui. Namun, jika Bunda masih tertarik menerapkan sistem pendidikan homeschooling buat si kecil, Bunda bisa bergabung menjadi anggota di Primaindisoft. Situs belajar online ini akan memudahkan Bunda mengakses materi-materi pelajaran yang bisa digunakan untuk mengajar si kecil.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?