Mengenal Martha Tilaar, Pengusaha Jamu dan Kosmetik Alami dari Indonesia

Sebagai masyarakat asli Indonesia, sudah sepantasnya Anda mengajarkan sang buah hati untuk menjadi generasi penerus yang cinta Tanah Air. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan sang buah hati kepada tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap kemajuan bangsa.

 

Seperti misalnya Martha Tilaar. Tidak banyak yang tahu bahwa wanita kelahiran 4 September 1937 ini adalah sosok yang begitu menghargai warisan dan kekayaan budaya melalui produk kecantikan dan jamu dari bahan alami. Wanita dengan nama lahir Martha Handana ini kemudian menikah dengan seorang guru sekaligus ilmuwan pendidikan, Henry Alexis Rudolf Tilaar.

 

Ketika sang suami berkesempatan untuk menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam, Martha pun memperdalam ilmu kecantikan di Academy of Beauty Culture yang terletak di Bloomington, Indiana. Tak menunggu waktu lama, Martha pun mencoba mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya dengan membuka salon kecantikan.

 

Promosi yang dipilihnya begitu sederhana, hanya membagikan brosur kepada orang-orang. Tak hanya itu, Martha juga sering berkunjung ke rumah mantan dosennya untuk merias sang istri, tak terkecuali juga kepada mahasiswa yang berasal dari Tanah Air, serta istri yang turut serta ketika suaminya bertugas di luar negeri.

 

Mendirikan Perusahaan Jamu dan Kosmetik

Tidak mudah bagi Martha untuk mulai merintis usahanya dalam bidang jamu dan kosmetik. Mulanya, Martha memutuskan untuk membuka salon sendiri di garasi sang ayah ketika kembali ke Indonesia. Oleh karena perawatan yang ditawarkan berasal dari bahan alami, salon milik Martha pun ramai pengunjung, hingga akhirnya didirikanlah beberapa cabang yang memudahkan pelanggan untuk mempercantik dan merawat diri di mana pun berada.

 

Tahun 1977, Martha akhirnya mendirikan PT. Martina Berto, perusahaan jamu dan kosmetik dengan produk unggulan berupa Sariayu Martha Tilaar. Dalam mengembangkan usahanya, Martha tetap menggunakan produk alami, menghindari bahan baku impor, dan mengedepankan riset dan inovasi.

 

 

Berkat prestasinya, Martha pun berhasil meraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang “Fashion & Artistry” di tahun 1984 dari World University Tuscon, Amerika, dan penghargaan Rintisan Teknologi dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hingga kini, Sariayu Martha Tilaar telah menjadi ikon produk kecantikan asli Indonesia yang telah dikenal hingga ke seluruh dunia.

 

Nah, jika Anda ingin mengajak sang buah hati mengenal lebih banyak tokoh penting di Indonesia, daftar saja di Primaindisoft.com. Yuk, ajarkan anak cinta Tanah Air sejak dini!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?