Fungsi-Fungsi Dasar Microsoft Excel yang Harus Dikuasai Setiap Guru

Tugas utama seorang guru memang mengajar.  Namun, di samping mengajar, Anda tentu perlu mengerjakan tugas-tugas lain seperti merekap nilai siswa, mencatat pembukuan iuran siswa, serta tugas administrasi lainnya. Karena hal tersebut, maka Anda perlu menguasai program pengolah angka seperti Microsoft Excel.

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mengerjakan tugas-tugas terkait pembukuan, berikut adalah beberapa fungsi dasar Microsoft Excel yang sebaiknya Anda kuasai.

  1. AVERAGE

Average merupakan salah satu rumus dasar Microsoft Excel yang berfungsi untuk mendapat nilai rata-rata dari sekumpulan nilai. Untuk menggunakan perintah Average, Anda hanya perlu menuliskan rumus =AVERAGE(number1, number2, dan seterusnya) pada cell atau kotak yang diinginkan.

Apabila Anda ingin mencari nilai rata-rata dari rentang kolom tertentu, Anda juga bisa menuliskan rumusnya seperti ini =AVERAGE(kolom awal:kolom akhir). Sebagai contoh, apabila Anda ingin mencari rata-rata dari kolom C2 sampai C8, maka rumus Average-nya adalah =AVERAGE(C2:C8).

  1. SUM

Fungsi dasar Microsoft Excel berikutnya yang wajib Anda kuasai adalah SUM. Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan suatu nilai. Rumus SUM adalah =SUM(number1, number2, dan seterusnya).

Number1, number2, dan seterusnya tersebut juga bisa diganti seperti rentang data dalam rumus average. Jadi semisal Anda ingin menjumlahkan kolom B2 sampai B4 dan C2 sampai C4, Anda bisa mengganti menuliskan rumus =SUM(B2:B4, C2:C4).

  1. MAX

Rumus Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai paling besar dari kumpulan data. Untuk menggunakannya, Anda tinggal menulis rumus =MAX(number1, number2, dan seterusnya).

Sama seperti rumus Average atau SUM, untuk mencari data paling besar dari suatu rentang kolom, Anda juga tinggal menuliskan rumus =MAX(kolom awal:kolom akhir).

  1. MIN

Berkebalikan dari Max, perintah atau rumus Min berfungsi untuk mencari nilai paling kecil dari kumpulan data. Untuk menggunakannya, Anda bisa menuliskan rumus =MIN(number1, number2, dan seterusnya) atau MIN(kolom awal:kolom akhir) untuk mencari nilai terkecil dari rentang kolom tertentu.

  1. COUNT

Rumus Count berfungsi untuk menghitung jumlah data dari suatu kumpulan data. Bentuk umum rumus Count ini adalah =COUNT(number1, number2, dan seterusnya). Apabila ingin menghitung jumlah data dari suatu range kolom, Anda juga bisa menggunakan rumus =COUNT(kolom awal:kolom akhir).

Nah, itulah beberapa fungsi dasar Microsoft Excel yang wajib Anda kuasai. Cukup mudah, bukan? Apabila ingin memahami fungsi-fungsi Excel lainnya, Anda juga bisa mempelajarinya materi Excel dari Primaindisoft di sini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?