Belajar Kelistrikan Makin Seru dan Menyenangkan dengan Primaindisoft

Dalam pelajaran IPA kelas IX SMP, salah satu materi yang sering kali menjadi momok tersendiri bagi kebanyakan siswa adalah materi kelistrikan dan teknologi listrik di lingkungan. Namun, jangan dulu memandang sebelah mata materi tersebut.

Apabila kamu mau mengupas satu per satu dan bersungguh-sungguh dalam belajar, bukan tidak mungkin kamu bisa menguasai materi kelistrikan dengan baik. Apalagi, selain lewat buku pelajaran, kini kamu juga bisa belajar menggunakan media belajar yang menyenangkan seperti Primaindisoft.

Materi Kelistrikan SMP

Materi kelistrikan kelas IX SMP sendiri terbagi menjadi cukup banyak bagian. Dari mulai bagian yang membahas tentang muatan listrik, gaya elektrostatik, arus listrik, listrik statis, listrik dinamis, rangkaian komponen listrik, Hukum Ohm, hambatan kawat, Hukum Coulomb, Hukum Kirchoff, dan lain sebagainya.
Pertama, kamu mungkin akan merasa kesulitan. Namun, jika diikuti pelan-pelan, materi kelistrikan dan teknologi listrik di lingkungan ini sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan, kok. Setiap bagian selalu memiliki kaitan dengan bagian yang lain. Apabila kamu sudah paham dengan bagian yang sebelumnya, kamu pasti akan lebih mudah untuk memahami bagian sesudahnya.

Sekilas Tentang Materi Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan

Energi listrik juga dikatakan sebagai energi utama yang dibutuhkan untuk menghidupkan peralatan listrik. Energi ini dihasilkan dari sumber energi listrik yang dapat berasal dari bahan kimia, air, angin, nuklir, panas bumi, sinar matahari, dan lain sebagainya.

Energi listrik dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Listrik statis terjadi akibat perbedaan muatan listrik. Muatan listrik yang sejenis (negatif dan negatif atau positif dan positif) bersifat tolak menolak. Sedangkan muatan listrik yang berbeda (negatif dan positif) bersifat tarik-menarik. Besarnya gaya tolak menolak atau tarik menarik dari kedua muatan listrik dapat dihitung dengan persamaan Hukum Coulomb.
Medan listrik adalah daerah yang masih dipengaruhi oleh gaya listrik atau muatan listrik. Sedangkan, potensial listrik merupakan usaha yang diperlukan untuk memindahkan elektron dari satu titik ke titik lainnya yang jaraknya tidak terhingga.

Berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan listrik, bahan dapat dibedakan menjadi konduktor, semikonduktor, serta isolator. Konduktor adalah bahan yang baik dalam menghantarkan listrik. Isolator adalah bahan yang kurang baik dalam menghantarkan listrik. Sedangkan semi konduktor adalah bahan yang daya hantar listriknya berada di antara konduktor dan isolator.
Saat digunakan, energi listrik akan berubah menjadi bentuk energi lainnya. Misalnya saat kamu menyalakan kipas, maka energi listrik berubah menjadi energi gerak. Saat ibu menggunakan setrika listrik, maka energi listrik berubah menjadi energi panas.

Jadi, itulah sekilas mengenai materi kelistrikan dan teknologi listrik di lingkungan. Untuk mempelajari materi selengkapnya, kunjungi saja Primaindisoft.com.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?