Mengenal Makna Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat

Mengajarkan arti Pancasila akan membuat anak bisa bersikap dengan baik dengan keluarga, teman, dan lingkungan.

 

Dasar negara kita adalah Pancasila. Semua anak sejak SD tahu apa itu Pancasila dan bisa menyebutkannya dengan baik. Sayangnya, tidak semua akan tahu apa itu arti Pancasila dan penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal lima sila yang disimbolkan pada Burung Garuda itu memiliki makna yang dalam.

Nah, kalau kamu hanya tahu apa itu Pancasila dengan hanya menyebutkan berbagai sila yang ada, berarti belum memahami dengan baik. Meski tidak harus mengerti secara detail, kita harus sedikit paham tentang penggunaan dari sila ini dalam kehidupan sehari-hari.

 

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

 

 

Sila ini mengajarkan kita tentang kehidupan yang harus didasari dengan agama. Dengan agama kita akan bisa melakukan sesuatu yang baik dan sesuai dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, sila ini juga mengajarkan toleransi yang harus dijaga.

 

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradap

 

 

Hubungan kita dengan orang lain harus dijaga dengan baik. Sila ini mengajarkan kita akan pentingnya memanusiakan manusia. Kita harus memahami hak dan kewajiban orang lain agar bisa saling menghormati.

 

3. Persatuan Indonesia

 

 

Persatuan Indonesia mengajarkan kita kalau hidup ini saling membantu. Segalanya tidak bisa dilakukan sendiri. Kalau kita saling membenci atau malah saling menjatuhkan, kekuatan akan hancur. Dampaknya negeri ini akan rusak dengan sendirinya.

 

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

 

 

Segala hal harus dibicarakan dengan banyak orang dengan musyawarah. Dengan melakukan ini berbagai masalah bisa diselesaikan bersama dan bermanfaat untuk banyak orang. Rapat dan diskusi kelompok juga bagian dari sila keempat ini.

 

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

 

 

Setiap orang pada hakikatnya memiliki hak yang sama di mata hukum dan pemerintahan. Sila ini mengajarkan kita semua kalau orang yang tinggal di Aceh atau Papua juga berhak mendapatkan fasilitas dari negara seperti jalanan yang bagus hingga fasilitas umum lainnya.

Inilah beberapa ulasan tentang arti Pancasila dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, menurut kamu, pentingkah kita memahami semua hal yang ditulis di atas? Info lain terkait Pancasila dan materi lain bisa kamu akses di Primaindisoft.

Komentar