Mengapa Perlu Dibuat Hari Pancasila? Apa Manfaatnya untuk Remaja?

Mengetahui hari lahir Pancasila sangat penting untuk remaja agar mereka mengenal sejarah dan mengamalkan setiap silanya.

 

Pancasila diperingati hari lahirnya masih belum lama ini. Bahkan, saat orde baru berkuasa. sempat ada larangan untuk memperingati Hari Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Akhirnya setelah reformasi 1998 berjalan, barulah ada tuntutan untuk mengembalikan lagi Hari Pancasila yang sangat penting.

Penetapan hari Pancasila sendiri sebenarnya juga penuh perdebatan. Ada tiga tanggal yang dipilih sebagai kandidat hari lahir ini. Tanggal itu terdiri dari 1 Juni 1945, 22 Juni 1945, dan 18 Agustus 1945. Akhirnya disepakati kalau 1 Juni 1945 dipilih sebagai hari lahir Pancasila karena Soekarno menyebut kata ini pertama kali pada sidang BPUPKI.

Nah, penentuan tanggal ini dibuat agar kita lebih mengenal dan menghargai Pancasila. Dasar negara yang dicanangkan oleh Soekarno ini tetap menjadi ujung tombak hingga sekarang. Kalau kita tidak mengenalnya dan tidak diperingati setiap tahun, dikhawatirkan Pancasila akan terlupakan begitu saja.

Selain masalah dilupakan, penetapan hari lahir Pancasila juga memiliki banyak manfaat untuk remaja. Manfaat itu terdiri dari:

  • Mengetahui sejarah di masa lalu. Selama ini remaja selalu malas kalau belajar sejarah tentang Indonesia sekolah. Bahkan materi sejarah ini selalu diakhiri dengan mengantuk atau tidur di kelas. Dengan mengenal sejarah Pancasila kita akan tahu seperti apa sulitnya perjuangan di masa lalu.
  • Membuat kamu jadi lebih cinta tanah air. Dengan menghafal Pancasila saja memang tidak akan langsung membuatmu jadi cinta negeri ini. Namun, kalau mengetahui maknanya dan melakukan apa saja yang ada di silanya, kemungkinan besar kekaguman pada negeri ini akan bertambah.
  • Mengetahui hari lahir Pancasila juga membuat kamu tahu kalau dasar negara ini tidak mudah dibuat. Bahkan saat diutarakan oleh Bung Karno tetap ada yang tidak setuju. Akhirnya setelah beberapa kali diperbaiki jadilah Pancasila yang saat ini kita miliki, pahami, dan amalkan.

Inilah beberapa ulasan tentang hari lahir Pancasila dan manfaatnya untuk generasi muda atau remaja. Nah, menurut kamu, seberapa penting Pancasila untuk kehidupan berbangsa dan bernegara?

Komentar