Bahaya Merokok untuk Kesehatan yang Sering Kita Abaikan

Rokok bisa menyebabkan banyak hal buruk termasuk stres dan memicu munculnya kanker di tubuh.

 

Merokok adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat dan membuat mereka mengalami masalah kesehatan. Sayangnya merokok yang sudah terlanjur menyatu dengan tradisi sering susah diatasi. Beberapa orang tetap melakukannya meski tahu risiko yang dialami sangat besar.

 

 

Bahaya rokok untuk kesehatan sering diabaikan lantaran aktivitas ini dianggap bermanfaat. Bisa membuat konsentrasi meningkat hingga beberapa orang mengalami peningkatan semangat. Nah, agar kita lebih memahami bahaya dari merokok, berikut beberapa bahaya yang sering kita abaikan.

 

1. Menyebabkan Kanker

Merokok memang tidak serta-merta membuat Anda langsung mengalami kanker. Namun, merokok secara rutin dan setiap hari akan membuat racun masuk ke dalam tubuh dan menembus banyak sekali organ di sana. Dampaknya, peluang seseorang mengalami kanker akan besar karena sel abnormal ini akan terpicu.

Kanker yang akan dialami oleh perokok adalah kanker di saluran pernapasan seperti paru hingga organ dalam lainnya seperti hati hingga usus. Selanjutnya pada pria, kanker juga bisa menyerang ke prostat dan juga testis. Kalau dua hal ini terjadi, kemungkinan terjadi mandul akan besar.

 

2. Menyerang Perokok Pasif

Efek dari rokok jangan hanya dilihat pada diri sendiri saja. Lihat juga orang yang ada di sekitarnya. Misal pasangan atau anak yang ikut terkena asap rokok. Nah, efek dari asap rokok pada mereka yang menerima asap secara pasif akan lebih besar karena tidak memiliki filter. Dampak yang dialami juga sama seperti gangguan pernapasan hingga kematian.

 

3. Stres dan Depresi

Rokok juga bisa menyebabkan seseorang mengalami stres dan depresi. Nikotin yang ada pada rokok bisa membuat seseorang mengalami kecanduan. Kalau saat sedang butuh rokok, benda ini tidak ada, seseorang akan mengalami stres karena tubuhnya tidak bisa menahan gejolak.

Rokok adalah masalah yang sangat pelik. Mau dilarang pun pemerintah juga mendapatkan cukai cukup banyak dari sini. Oleh karena itu, pembatasan pada diri sendiri harus dilakukan agar Anda terbebas dengan masalah rokok di atas.

Komentar