Mengenal Lebih Dekat Profil Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Tokoh Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara adalah pelopor pendidikan di zaman kolonial Belanda yang giat memperjuangkan  pendidikan bagi rakyat Indonesia.

 

Siapa yang tidak mengenal Ki Hajar Dewantara, yang hari kelahirannya selalu diperingati setiap tahunnya, oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional? Inilah fakta-fakta terkati Ki Hajar Dewantara yang perlu diketahui oleh generasi penerus bangsa.

 

 

Fakta profil Tokoh Bapak Pendidikan Nasional ini perlu diketahui oleh para siswa, karena ajarannya kurang begitu dikenal di kalangan para pelajar dan generasi muda saat ini.

  1. Mengenyam pendidikan Sekolah Dasar untuk anak Eropa/Belanda serta kaum bangsawan.
  2. Melanjutkan pendidikan di STOVIA, sekolah pendidikan dokter pribumi di Batavia atau Universitas Indonesia. Namun, pendidikan ini tidak selesai karena sakit.
  3. Lebih tertarik pada dunia jurnalistik atau tulis menulis, dengan gaya penulisan yang tajam dan antikolonial. Tulisannya sempat menyulut kemarahan pemerintah Belanda sehingga ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka.
  4. Bergabung dalam organisasi Budi Utomo sebagai organisasi sosial politik dan berperan sebagai propaganda masyarakat pribumi untuk persatuan bangsa indonesia.
  5. Lalu mendirikan organisasi Indische Partij di Belanda dan kemudian lulus pendidikan bergengsi di belanda.
  6. Kembali ke Indonesia menjadi guru sekolah dan membuat konsep baru terkait metode pengajaran serta mendirikan sekolah baru yang disebut Taman Siswa.
  7. Selepas kemerdekaan Republik Indonesia, Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagi Menteri Pengajaran Indonesia dan mendapat gelar Doktor Kehormatan dari UGM.
  8. Selain itu, juga mendapat gelar sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan Pahlawan Nasional oleh Presiden Soekarno sebagai imbalan atas jasanya merintis pendidikan bangsa.

Nah, itulah riwayat singkat Tokoh Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Anda bisa mengunjungi Primaindisoft, situs media online yang interaktif dan menarik untuk mengenal beliau dengan lebih baik.

Situs ini menyediakan beragam pembelajaran secara online bagi para siswa mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA. Dengan pembelajaran yang menarik, tentu proses pengenalan tokoh bangsa sebesar Ki Hadjar Dewantara ini menjadi lebih mudah, karena tak sayang maka tak kenal bukan?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?