3 Peranan Musik Klasik dalam Mencerdaskan Otak Anak

Benarkah musik klasik memiliki pengaruh positif dalam mencerdaskan otak anak? Yuk, simak penjelasannya di sini!

 

Pernahkah Anda mendengar istilah Mozart Effect? Istilah tersebut merujuk pada gagasan yang meyakini bahwa seseorang bisa menjadi lebih cerdas setelah mendengarkan lantunan musik klasik, terutama musik gubahan komposer Wolfgang Amadeus Mozart.

Sejak istilah Mozart Effect berkembang di awal dekade 1990-an, berbagai penelitian dilakukan demi membuktikan pengaruh musik klasik untuk kecerdasan otak. Tak sedikit dari penelitian tersebut memilih anak-anak sebagai subjeknya. Ternyata, hasil yang didapat cenderung positif. Berdasarkan sejumlah penelitian, berikut adalah beberapa peran musik klasik dalam menstimulasi perkembangan otak anak.

1.     Meningkatkan Daya Ingat

Kebiasaan mendengarkan musik klasik dipercaya dapat mempertajam memori seorang anak. Musik klasik berperan sebagai stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas gelombang saraf otak, terutama saraf-saraf yang terhubung langsung dengan kemampuan mengingat seseorang.

Studi terkait hal ini dilakukan oleh sejumlah peneliti di Sapieza University, Roma, Italia. Dengan melibatkan sekelompok anak remaja sebagai subjek, penelitian tersebut membuktikan bahwa musik klasik mampu mengaktifkan neuronal cortical circuit atau sirkuit saraf otak yang berhubungan dengan fungsi kognitif.

2.     Menguatkan Daya Tangkap

Selain memori atau daya ingat, daya tangkap seorang anak juga dapat berkembang dengan lebih baik saat diperdengarkan musik klasik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Prancis membuktikan hal ini. Musik klasik diputarkan di sebuah kelas ketika sekelompok siswa menyimak materi pembelajaran yang diberikan oleh seorang guru.

Peneliti yang tergabung dalam studi tersebut menemukan bahwa musik klasik menempatkan siswa pada kondisi emosional yang tinggi. Hasilnya, mereka bersikap lebih reseptif terhadap materi yang diberikan.

3.     Melatih Kepekaan terhadap Stimulasi dari Luar

Musik klasik yang diperdengarkan kepada anak dapat melatih kepekaan mereka saat menerima berbagai bentuk stimulasi dari luar. Lembaga Temporal Dynamics of Learning Center dari University of California juga mengungkapkan bahwa anak yang terbiasa mendengar musik klasik cenderung memiliki tingkat apresiasi yang tinggi terhadap musik atau karya seni pada umumnya.

Sejumlah poin di atas menjadi bukti dari peran positif musik klasik untuk kecerdasan otak anak. Sementara itu, untuk mengasah kemampuan mereka dalam memahami pembelajaran di sekolah, Anda dapat memanfaatkan berbagai materi dan latihan soal di Primaindisoft.

Yuk main susun kata dan tebak suara alat musik ini Menyusun Kata dan Menebak Suara

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?