5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan dan Daya Ingat

Menyambut Hari Gizi Nasional 28 Februari mendatang, kamu perlu tahu jenis makanan apa saja yang bisa mendukung kecerdasan dan menajamkan ingatan.

 

Kamu pasti memiliki menu yang biasa dikonsumsi supaya tubuh tetap sehat dan berat badan tetap ideal. Namun, ternyata, ada beberapa makanan yang membantu meningkatkan performa otak dengan membantu kamu lebih fokus dan meningkatkan daya ingat. Nah, menyambut Hari Gizi Nasional pada 28 Februari mendatang, kamu perlu tahu makanan apa saja yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan. Berikut beberapa di antaranya:

 

  • Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk performa otak. Kamu harus tahu, kekurangan omega-3 dapat membuat tubuh mudah lelah dan penurunan daya ingat. Pasalnya, tubuh kamu tidak bisa membuat asam lemak esensial ini secara alami, jadi diperlukan asupan dari luar untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

 

  • Buah Alpukat

Kedua adalah buah alpukat. Tidak hanya menawarkan kelezatan yang luar biasa, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki alpukat dapat membantu menjaga sel saraf di otak tetap sehat. Buah satu ini juga kaya akan mineral, termasuk kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah, dan lutein yang berperan baik dalam memberikan perlindungan pada mata.

 

  • Coklat Hitam

Seorang peneliti dari Harvard University sekaligus asisten Profesor Nurologi di Harvard Medical School, Farzaneh Sorond melakukan studi yang mengaitkan coklat hitam dengan fungsi otak, khususnya peranan flavanol yang merupakan senyawa alami yang terkandung pada coklat. Hasilnya, coklat terbukti mampu meningkatkan pasokan darah ke otak, memberinya lebih banyak asupan energi.

 

  • Sayuran Hijau

Menuju Hari Gizi Nasional tanggal 28 Februari nanti, kamu tentu perlu banyak makan sayuran supaya hidup tetap sehat. Bayam, brokoli, dan jenis sayuran berdaun gelap lainnya menjadi pembangkit energi yang paling baik. Sayuran ini juga kaya akan zat besi yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

 

  • Kacang-Kacangan

Terakhir adalah kacang-kacangan, yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein yang membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi kelelahan. Bahkan, makanan ini juga menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang sedang diet, terutama kacang merah.

 

Itu tadi lima jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan dan daya ingat. Namun, jangan lupa, kamu juga harus tetap belajar. Supaya lebih mudah, yuk belajar bersama Primaindisoft.com! Tidak hanya makan sehat, meriahkan Hari Gizi Nasional di tanggal 28 Februari mendatang dengan giat belajar, ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?