Bernahkah Hypnoparenting Bisa Mengatasi Anak yang Bermasalah? Berikut Penjelasannya

Anak susah diajak berkompromi? Hypnoparenting bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Bagaimana caranya? Simak yuk!

Menangani anak yang bermasalah seperti terlalu cerewet, susah diatur, dan kasar menjadi tantangan terberat bagi orang tua. Apalagi tugas utama orang tua adalah mendidik dan mengasuh anak untuk menjadi orang yang baik.

Untuk mengatasi anak yang bermasalah, Anda bisa mencoba teknik hypnoparenting. Apa itu? Apakah hypnoparenting benar-benar bisa mengatasi perilaku anak yang tidak menyenangkan? Ini dia penjelasannya.

Apa Itu Hypnoparenting?

Belakangan hypnoparenting banyak dibicarakan sebagai salah satu tips untuk mengatasi anak bermasalah. Hypnoparenting sendiri merupakan sebuah metode pengasuhan yang digunakan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi si kecil. Metode ini dilakukan dengan cara memberikan sugesti positif melalui verbal dan tindakan yang dilakukan secara berulang.

Hypnoparenting bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya melalui perkataan Anda ke anak-anak. Tips utamanya adalah hindari kata-kata negatif seperti “jangan” atau “tidak” setiap berbicara dengan mereka.

Sebagai contoh, misalkan Anda ingin si kecil mendapatkan nilai bagus saat ujian. Alih-alih mengatakan “kerjakan soalnya dengan benar, ya, jangan sampai dapat nilai jelek”, Anda bisa menggantinya dengan “Mama yakin kamu bisa mengerjakannya dengan baik dan mendapat nilai bagus”.

Dengan cara seperti itu, alam bawah sadar anak akan lebih menerima perintah tersebut sebagai kesan positif daripada menggunakan nada tinggi yang bisa menimbulkan dendam dan trauma.

Benarkah Hypnoparenting Dapat Mengatasi Anak yang Bermasalah?

Perilaku dan perkataan yang dilakukan secara berulang di depan anak ternyata bisa menghipnosis mereka untuk melakukan hal yang sama. Inilah salah satu alasan mengapa hypnoparenting dipercaya bisa membantu orang tua untuk mengontrol perilaku anak yang tidak diinginkan. Syaratnya, sebagai orang tua Anda harus konsisten dan bersabar dalam penerapannya karena semuanya membutuhkan proses.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Hypnoparenting?

Hypnoparenting paling baik dilakukan saat gelombang pikiran si kecil dalam kondisi alpha dan teta seperti sebelum tidur. Pada saat itu kondisi si kecil sangat relaks sehingga sugesti lebih mudah ditanamkan.

Itulah penjelasan singkat tentang manfaat hypnoparenting. Pada dasarnya setiap orang tua dituntut untuk memberikan kasih sayang yang cukup agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

Di samping itu, memberikan fasilitas belajar yang mumpuni juga menjadi kewajiban orang tua untuk meningkatkan proses belajar si kecil. Sebagai solusinya, Anda bisa mengajak si kecil menggunakan Primaindisoft sebagai media belajar yang interaktif dan menyenangkan. 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?