Mengenal 5 Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Generasi penerus perlu mengenal perjuangan kemerdekaan Indonesia termasuk berbagai perang sengit yang terjadi.

 

Bangsa yang besar selalu mengingat jasa pahlawannya termasuk  mengenal macam-macam perjuangan bersenjata mempertahankan kemerdekaan RI. Setelah kekalahan Jepang terhadap sekutu, seluruh jajahan Jepang di Asia Tenggara dikuasai pasukan sekutu AFNEI.

 

Kedatangan tentara Sekutu ini disertai dengan kedatangan NICA yang akan menegakkan kekuasaan Belanda kembali di Indonesia. Tentara AFNEI bersama NICA tiba di Indonesia tanggal 16 September 1945 di Tanjung Priok. Nah, setelah itu Indonesia berupaya mempertahankan kemerdekaan, termasuk melalui perjuangan bersenjata.

 

1. Peristiwa 10 November 1945 – Surabaya

Pertempuran pertama setelah proklamasi terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Saat Jepang menyerah dan dilucuti senjatanya, tentara sekutu Inggris datang ke Surabaya untuk mengembalikan Indonesia kembali ke Belanda. Pertempuran pun terjadi antara pemuda Surabaya dengan Inggris, yang kemudian mundur secara perlahan dan telah memakan korban hingga 16.000 pejuang.

 

2. Bandung Lautan Api – Bandung

Peristiwa Bandung Lautan Api menjadi bagian perjuangan kemerdekaan Indonesia yang layak dikenang. Pembakaran seluruh isi Kota Bandung menjadi bukti perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan. Agar Kota Bandung tidak menjadi markas NICA dan Tentara Inggris, sekitar 200.000 warga Bandung membakar rumahnya hingga tak bersisa menjadi Bandung lautan api.

 

3. Serangan Umum 1 Maret 1949 – Yogyakarta

Serangan Umum 1 Maret 1949 dilancarkan TNI secara terstruktur terhadap tentara Belanda di Yogyakarta. Serangan yang dibantu tokoh masyarakat ini, bertujuan menunjukkan eksistensi TNI dan Indonesia sebagai negara berdaulat. Serangan Umum yang dilakukan di pagi hari dengan menyerang pos militer Belanda ini, bertujuan untuk merebut  Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota Indonesia. Serangan ini menjadi tonggak eksistensi indonesia di mata dunia, meski memakan begitu banyak korban.

 

4. Pertempuran Medan Area – Medan

Pertempuran Medan Area yang berlangsung selama dua tahun mulai 13 Oktober 1945 – 15 Februari 1947 ini  terjadi di Medan. Tujuannya untuk melawan tentara sekutu dan pasukan NICA yang mulai berbuat onar. Mereka memberi ultimatum agar senjata milik pejuang dikumpulkan atau perang. Korban pun banyak berjatuhan dari ke dua pihak. Pertempuran ini membuktikan jika Indonesia memiliki kekuatan dalam mempertahankan wilayahnya.

 

5. Serangan Umum Surakarta – Surakarta (Solo)

Serangan Umum Surakarta ini menjadi bukti bahwa pasukan militer masih mampu menjaga NKRI, yang telah diproklamasikan sejak tanggal 17 Agustus 1945.  Serangan Umum Surakarta yang berlangsung pada tanggal 7-10 Agustus 1949 ini, membuktikan eksistensi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda. Akhirnya Indonesia pun mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya dan berdaulat pada tanggal 27 Desember 1949.

 

Nah, bagi para guru yang ingin mendapatkan materi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia ini, bisa lihat materi profil tokoh Mohammad Hatta sebagai materi ajar untuk mengenalkan lebih jauh tokoh Mohammad Hatta, sang proklamator kepada siswa.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?