Ini 3 Aktivitas Memperingati Hari Kemerdekaan RI

Memperinganti hari  kemerdekaan RI bisa dilakukan dengan beragam aktivitas karena dianggap sebagai salah satu hari besar di Indonesia yang wajib dirayakan dengan suasana meriah.

 

Apa saja sih kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan RI yang biasanya kamu lakukan? Tentunya kamu tidak boleh melupakan perjuangan para pejuang kemerdekaan untuk bisa memerdekakan Indonesia, tanah air tercinta. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kamu mengenang sejarah hari proklamasi kemerdekaan Indonesia ini, bukan?

 

Dalam HUT kemerdekaan RI, biasanya masyarakat Indonesia melakukan berbagai kegiatan menarik untuk berpartisipasi merayakannya. Sebagai referensi, ini 3 aktivitas yang biasa dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan RI.

 

1. Upacara Bendera

Aktivitas ini menjadi kegiatan wajib yang tidak pernah terlewatkan setiap tanggal 17 Agustus. Upacara Bendera ini dilakukan untuk mengenang hari proklamasi kemerdekaan RI, serta perjuangan para pahlawan dan pejuang nasional. Upacara Bendera banyak dilakukan oleh masyarakat tak hanya secara formal di Istana Negara, melainkan juga di kantor-kantor maupun di sekolah-sekolah.

 

2. Perlombaan 17 Agustus-an

Masyarakat Indonesia telah terbiasa menyelenggarakan beragam perlombaan guna memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Perlombaan yang umum dilakukan yaitu permainan seru seperti lomba panjat pinang, lomba menghias sepeda, menghias gapura, lomba makan kerupuk, balap karung, hingga lomba tarik tali tambang.

 

3. Pengibaran Bendera di Rumah Penduduk

Menjelang tanggal 17 Agustus, sepanjang jalan protokol biasanya mulai banyak dipenuhi hiasan bendera merah putih  untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Tidak sedikit pula terlihat berbagai ornamen yang terpasang di gapura-gapura jalan atau kompleks perumahan dengan nuansa merah putih. Pemasangan bendera juga dilakukan di rumah masing-masing warga untuk menghormati hari kemerdekaan ini.

 

Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang pembelajaran sejarah Indonesia, buka media pembelajaran interaktif Primaindisoft di sini kamu bisa banyak belajar tentang sejarah Indonesia yang dikemas dalam audio dan animasi gambar yang menarik seperti Game Memori Pahlawan Kemerdekaan, Belajar Museum Pahlawan Kemerdekaan, dll.

 

Jadi, di media pembelajaran yang kaya ide dan kreatif ini, kamu bisa belajar sejarah tanpa merasa jenuh seperti halnya bila kamu membaca buku saja. Pasalnya, kamu bisa belajar dengan cara yang lebih menyenangkan sebagai kunci belajar sejarah yang lebih efektif.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?