Cara Menyemangati Diri Setelah Ujian yang Buruk

Hasil ujianmu buruk dan kamu merasa kecewa. Padahal, kamu sudah belajar keras selama berbulan-bulan. Uh, malu rasanya pada teman-teman dan orang tua. Walaupun rasanya tidak menyenangkan, namun ujian yang buruk bukan akhir dari segalanya. Begini caranya untuk menyemangati diri!

 

#1 Cari Cara untuk Melampiaskan Emosimu

 

 

Emosi negatif yang tertahan tentu tidak baik. Hal itu bisa membuat hari-harimu terasa buruk. Tentu saja, kamu harus menemukan cara untuk melampiaskan emosi secara positif. Kamu bisa berlibur ke pantai atau gunung dan berteriak sekencangnya. Atau, lakukan sesuatu yang sangat kamu suka, seperti menonton film atau kartun lucu sehingga kamu bisa tertawa sepuasnya. Jika kamu tidak bisa pergi kemana-mana, menangislah di kamar, tapi jangan lama-lama ya!

 

#2 Katakan Hal Positif kepada Diri Sendiri

 

 

Setelah puas melampiaskan emosi, sekarang saatnya kamu kembali bangkit. Kamu bisa berkaca dan ucapkan kata-kata pujian kepada dirimu sendiri. Misalnya, “terimakasih, kamu sudah belajar dengan keras”, “apapun hasilnya, kamu adalah orang yang hebat”, atau “kamu pasti bisa lebih baik tahun ajaran depan”.

 

#3 Jangan Terus-Terusan Memikirkan Kegagalan

 

 

Life must go on. Apapun yang terjadi, kamu harus terus maju. Kamu harus fokus pada hal-hal yang dapat kamu ubah dan melupakan hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan. Yang bisa kamu lakukan adalah memperbaiki diri untuk kesempatan berikutnya.

 

#4 Cobalah Memperbaiki Apa yang Salah

Jika kamu sudah tahu apa yang salah dalam ujian itu, ingatlah dan berlatihlah di bidang itu. Coba dan ralat apa yang salah sehingga kamu tidak melakukan kesalahan lagi di tahun ajaran berikutnya.

 

Jika kamu ingin memperbaiki prestasimu di tahun ajaran baru, pastikan kamu sudah tahu tentang Primaindisoft.com, dimana kamu bisa menemukan materi belajar menarik dan banyak latihan soal. Semoga tips ini membantumu untuk move on dari ujian yang buruk.

 

Gimana tips dan caramu menyemangati diri setelah ujian yang buruk? Tulis komentarmu di bawah ini ya!

Komentar