Mengapa Hari Kasih Sayang Identik dengan Coklat? Simak Sejarahnya

Pada momen Valentine, orang-orang biasanya akan memberikan coklat sebagai rasa cinta terhadap orang terdekat. Sebenarnya dari mana asal mula tradisi ini?

Perayaan Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine yang jatuh tiap 14 Februari selalu dimaknai sebagai kesempatan untuk menunjukkan kasih kepada sesama. Pada momen tersebut, orang-orang biasanya akan memberikan coklat kepada teman, pasangan, atau saudara yang dekat. Tradisi ini berlangsung dari tahun ke tahun.

 

Coklat Untuk Merayu

 

 

Mengapa Hari Kasih Sayang identik dengan coklat? Ternyata, ada sejarah di balik tradisi ini. Pada era Victoria Queen, coklat digunakan untuk merayu. Para pria pada masa itu mengetahui bahwa coklat adalah salah satu senjata untuk melamar.

Namun, karena identik dengan pacaran atau hubungan intim, etika pada masa tersebut melarang perempuan untuk menerima coklat dari orang yang tidak dikenal dekat. Hal lainnya yang umum diketahui adalah wanita tidak lazim memberikan coklat kepada pria.

Di wilayah itu, para pria juga takut dipelet oleh perempuan dengan segelas cokelat. Hal ini misalnya terjadi pada Francisco de las Casas, yang memercayai bahwa ia tidak bisa berhubungan lagi dengan perempuan lain karena telah meminum segelas coklat dari Michaela de Orbea.

 

Coklat Setara dengan Emas

 

 

Selain sebagai makanan spesial pada hari Kasih Sayang, coklat juga pernah digunakan sebagai alat pembayaran setara emas bagi suku Aztec di Meksiko. Tak heran jika coklat menjadi hadiah paling mewah yang bisa diberikan kepada kalangan atas.

Dari Meksiko, coklat menjadi makanan yang populer ke berbagai negara, termasuk di Eropa. Karena rasanya yang lezat, usaha berbasis coklat pun mulai banyak berdiri dan tak kalah dengan gerai kopi.

Saat ini, ada banyak merek coklat yang dapat dibeli. Salah satunya, coklat Cadbury yang dikembangkan oleh Richard Cadbury sejak 1861. Berbagai inovasi pun yang dilakukan pada tampilan coklat, misalnya dengan menghias bagian luar coklat dengan gambar hati atau membuat bentuknya lebih variatif.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai coklat yang sangat identik dengan Hari Kasih Sayang. Siapa nih yang ada dalam daftar penerima coklat darimu tahun ini? Selamat menyebarkan kasih!

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?