Ini 3 Tips Mengedukasi Cinta Tanah Air pada Anak

Siapa bilang hanya orang dewasa yang boleh mengetahui tentang Pemilihan Umum (Pemilu)? Anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) pun perlu memahami pentingnya Pemilu. Sebagai langkah awal mengenalkan Pemilu, berikan edukasi cinta tanah air pada si kecil.

Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini, yuk.

1. Ajak Anak untuk Mengetahui Hari Besar Nasional

Pemilu membutuhkan partisipasi warga negara. Supaya warga negara mau ikut serta, harus ada penanaman rasa cinta tanah air. Mengenalkan hari besar nasional kepada si kecil merupakan trik pertama untuk menumbuhkan nasionalismenya.

Mengenalkan hari besar nasional pada anak bisa melalui kalender. Tempelkan kertas aneka warna di setiap tanggal yang berisi hari besar nasional. Agar lebih jelas, Anda dapat menambahkan tulisan nama hari nasional tersebut di atas kertasnya.

2. Pastikan Si Kecil Mengetahui Nama-Nama Presiden dan Wakil Presiden RI

Pemilu merupakan ajang pemilihan pemimpin baru di Indonesia. Untuk memahamkan konsep ini pada si kecil, mulailah dengan mengenalkan nama-nama Presiden dan Wakil Presiden RI. Agar lebih mudah dalam pengenalan tokoh tersebut, Anda bisa membeli gambar-gambarnya.

Kemudian, tempelkan di dinding kamar anak atau ruang belajar. Ajak anak menghafal nama-namanya sambil Anda menceritakan biografi singkat tentang tokoh. Lakukan kebiasaan ini setiap hari selama beberapa menit.

3. Perkenalkan Ibu Kota yang Ada di Indonesia

Pemilu selalu melibatkan seluruh daerah di Indonesia. Sebagai permulaan dalam mengenalkan Pemilu pada anak, coba ajak ia mempelajari nama-nama ibu kota di provinsi. Untuk memudahkan proses belajar, belikan atlas dengan gambar dan warna menarik, atau poster bergambar.

Mengenalkan nama ibu kota provinsi juga bisa melalui lagu. Saat ini, lagu yang tengah populer adalah karya Bu Sri Rejeki, judulnya “Menghafal 34 Provinsi di Indonesia”. Lirik dan musiknya simpel sehingga mudah ditiru oleh anak-anak.

 

Itulah tiga tips mengedukasi cinta tanah air pada anak sebagai langkah awal mengenalkan Pemilu. Yuk, ajak si kecil mempelajari dan memahami lebih mendalam lagi seputar Indonesia melalui materi Negaraku. Anda bisa mendapatkan materi ini melalui primaindisoft.com. Praktis dan mudah, bukan?

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?